Minim Daya, PLN Tetap Terima Sambungan Baru

 

TANJUNG REDEB – Meskipun kondisi listrik di Berau kekurangan daya, namun PT PLN Area Berau hingga saat ini masih tetap melayani pemasangan sambungan jaringan baru. Di dalam pemasangan ini, PLN telah mengeluarkan kebijakan, dengan tidak melayani pemasangan dengan jumlah daya besar namun hanya akan menerima sambungan dengan daya kecil.

Hal tersebut disampaikan Manager Rayon Tanjung Redeb PT PLN Area Berau, Teguh Budi Oktaviano. Ia menegaskan, pihaknya tetap akan melayani masyarakat yang ingin melakukan pemasangan sambungan baru ini. Mengingat, listrik saat ini merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Apalagi saat ini pemasangan sambungan baru sudah bisa dilakukan dengan sistem online.

Dengan sistem pendaftaran online saat ini, diakui Teguh, pihaknya tidak dapat menolak, karena semua sistem telah ditentukan oleh pusat. Kalaupun ada katerlambatan pemasangan, itu faktor banyaknya jumlah pasangan baru yang tak sebanding dengan petugas di lapangan.

“Ini kan termonitor dari pusat, jadi tidak bisa juga kita larang. Yang jelas kita ada pertimbangan disesuaikan dengan daya yang ada saat ini. Kalau untuk yang berdaya besar, kita lihat dulu kebutuhan serta urgensinya seperti apa, sementara untuk yang kecil-kecil masih tetap berjalan sampai sekarang,” ujarnya kepada beraunews.com, Selasa (24/01/2017).

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah pelanggan yang berada di Rayon Tanjung Redeb sebanyak 46 ribu rumah. Sementara khusus untuk daerah Kecamatan Tanjung Redeb saja berkisar 26 ribu. Dengan jumlah pelanggan itu, sementara pemenuhan kebutuhan listrik dari PLTU Lati sebesar 15 Megawatt dan PLTD Sambaliung 9 Megawatt, mendapat kelebihan daya.

“Kalau memang sehat semuanya, kita surplus sekitar 2 Megawatt karena beban puncak itu sekitar 21 sampai 22 Megawatt saja. Tapi sekarang kan kondisinya berbeda,” tutup Teguh.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia