1.000 Rumah Bakal Teraliri Air Bersih Tahun Ini

TANJUNG REDEB – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah memastikan jika tahun 2016 akan dimulai pemasangan baru kepada 7.364 daftar tunggu yang terdaftar mulai tahun 2008 hingga tahun 2016. Namun, pemasangan baru itu terlebih dahulu dilakukan untuk 1.000 SR (Sambungan Rumah) yang terdaftar tahun 2008 hingga 2010.

“Kami akan melakukan pemasangan baru di tahun ini kepada 1.000 calon pelanggan baru yang telah terdaftar. Jumlah tersebut disesuaikan dengan kapasitas IPA (Instalasi Pengolahan Air-red) kita yang ada saat ini. Selain itu, pemasangan ini juga kami peruntukan kepada calon pelanggan yang terlebih dahulu mendaftar,” ungkap Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi kepada beraunews.com saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakannya, rencana pemasangan 1.000 SR tersebut dilakukan secara merata di 4 Kecamatan terdekat, dengan rincian 100 SR di Kecamatan Gunung Tabur, 100 SR di Kecamatan Teluk Bayur, 200 SR di Kecamatan Sambaliung dan 600 SR di Kecamatan Tanjung Redeb.

“Rencana pemasangan itu dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya melihat pendaftar terlama, lokasi disekitar wilayah tersebut, ketersediaan jalur pipa, kondisi jalan, perhitungan tekanan air dan kapasitas IPA. Selain itu, yang terpenting lagi, program pemasangan baru ini merupakan arahan langsung dari Bupati Berau, Muharram Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo,” terangnya lagi.

Untuk memastikan rencana pemasangan baru itu segera terealisasi, lanjut Adief, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau.

“Saya berkeinginan agar pemasangan ini sudah berjalan di bulan ini (Juni 2016-red). Namun kami masih menunggu kepastian dari DPU. Sebab, pemasangan ini juga melibatkan DPU. Tapi saya tegaskan, tahun ini segera dilakukan pemasangan baru dalam tempo yang secepat-cepatnya,” pungkasnya.(ea)