Progres Perawatan Boiler I PLTU Lati Sudah 50 Persen

 

GUNUNG TABUR – Direktur PT Indo Pusaka Berau (IPB) Najamuddin, sekitar pukul 11.00 Wita, Minggu (15/01/2017) tadi melakukan pengecekan pekerjaan perawatan boiler I di PLTU Lati. Najamuddin juga mengecek progres perawatan yang sudah dilakukan oleh para pekerja.

Najamuddin mengatakan, saat ini sudah sekitar 50 persen pengerjaan perawatan. Progres ini terlihat karena para pekerja sudah selesai melepas beberapa sparepart yang akan diganti, dan saat ini tinggal pemasangan.

Dikatakannya, progres pengerjaan yang dilakukan dalam 5 hari terakhir ini dianggap suatu hal yang baik. Pihaknya optimis dan berupaya agar perawatan boiler 1 ini bisa selesai lebih cepat dari pada target yang ditentukan.

"Kami upayakan ini bisa selesai sebelum tanggal 3 Februari nanti. Saat ini pekerja juga terus melakukan upaya percepatan perawatannya," tambahnya.

Saat ini proses pengerjaan hanya dilakukan sampai pukul 22.00 Wita saja. Namun, jika material atau peralatan yang dibutuhkan sudah datang, maka pengerjaan akan dilakukan 24 jam agar cepat selesai.

"Saat ini memang hanya sampai jam 10 malam saja, tetapi nanti kalau bahan lengkap, akan ada 2 regu yang bergantian melakukan pengerjaan," kata dia.

 

Setelah perawatan boiler I ini selesai, pihaknya juga berencana akan melakukan perawatan boiler II, dan diupayakan agar tidak langsung dilakukan perawatan atau berjeda sekitar 1 bulan. Tetapi, jika boiler II mengalami gangguan terlebih dahulu, bisa jadi langsung berlanjut.

"Setelah ini, boiler II lagi, tapi sekitar 1 bulan setelah boiler 1 ini beroperasi. Tapi kalau belum 1 bulan sudah ngambek, mau tidak mau langsung kami lakukan perawatan juga," terangnya.

Najamuddin berharap pengerjaan bisa segera selesai dan para pekerja bisa lancar melakukan segala sesuatunya. Jika pengerjaan ini selesai dan bisa masuk sistem, maka bisa dipastikan, listrik akan normal kembali.

"Kondisinya saat ini harus dibongkar total, dan semoga saja bisa cepat rampung agar bisa dioperasikan sebelum jadwal yang kami tetapkan," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia