Peresmian Bandara Maratua Tinggal Menunggu Jadwal Sekretariat Kepresidenan

 

TANJUNG REDEB – Rencana peresmian operasional Bandara Maratua oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Februari 2017 mendatang, tinggal menunggu kepastian jadwal dari Sekretariat Presiden.

“Insya Allah, bulan Februari diresmikan. Ini tinggal menunggu kepastian dari Istana Kepresidenan terkait jadwal Kepresidenan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau, Abdurrahman saat dihubungi beraunews.com, Jumat (13/01/2017) siang.

Untuk saat ini, lanjut Abdurrahman, ia belum bisa memberikan kepastian waktu peresmian tersebut. Apakah di awal, pertengahan atau di akhir Februari 2017 mendatang. Sebab, masih menunggu kepastian jadwal Presiden Jokowi akan berkunjung ke Bumi Batiwakkal.

Namun, pihak Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau telah merekrut pegawai dan menempatkan beberapa personel guna melakukan pengelolaan Bandara Maratua tersebut.

“Tapi, Kementerian Perhubungan kemarin, sudah menjadwalkan ini di bulan Februari. Yang jelas untuk Bandara Maratua sudah siap,” lanjutnya.

Terkait rute perdana penerbangan yang akan dilayani oleh Bandara Maratua, jelas Abdurrahman, akan dihubungkan dengan dua bandar udara, yakni Bandara Kalimarau, Berau dan Bandara Juwata, Kota Tarakan. Dengan rute penerbangan Tanjung Redeb- Maratua dan Tarakan-Maratua, begitupun sebaliknya.

“Itu nanti kita bahas lagi. Sejauh mana rutenya itu, perizinan (rute) inikan penetapannya dari Kementerian,” jelasnya.

Saat ini, tambah Abdurrahman, sudah ada tiga maskapai penerbangan yang berminat menambah rute penerbangan ke Bandara Maratua. Maskapai penerbangan itu adalah Kalstar Aviation, Garuda Indonesia dan Susi Air.

“Kalau Garuda ini, kemarin dari perusahaan yang minta rute. Katanya, 3 kali penerbangan dalam satu minggu, mau menerbangkan turis-turis,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia