Aspal Rusak di Biatan Lempake, Ini Tanggapan DPU

 

BIATAN – Mulai rusaknya jalan yang baru diaspal di Kampung Biatan Lempake yang menjadi sorotan warga, mendapat tanggapan dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau. Melalui Kepala UPTD PU Wilayah Pesisir Selatan Berau, Charles Andi Lolo mengungkapkan, kerusakan tersebut sudah diketahui pihaknya dan sudah dikomunikasikan dengan pihak kontraktor.

Lebih lanjut dikatakannya, PT Tiga Bersaudara selaku kontraktor yang mengerjakan pengaspalan jalan sekitar 1.300 meter di Lempake tersebut, juga masih terus melakukan perbaikan di sejumlah titik-titik jalan yang mengalami kerusakan. Menurutnya, kerusakan tersebut disebabkan oleh aktivitas kendaraan yang melintas melebihi kemampuan jalan. Salah satunya adalah kendaraan pengangkut buah segar yang kebetulan jalur muatnya melalui jalan tersebut.

“Itu karena beban yang berlebihan. Aspal itu kan hanya berkapasitas 5 ton saja, sedangkan kendaraan yang kerap melintas disana merupakan kendaraan sawit, yang bobotnya rata-rata di atas kemampuan aspal,” ungkapnya kepada beraunews.com, melalui sambungan telepon, Selasa (10/01/2017).

BACA JUGA : Belum Sebulan, Proyek Pengaspalan Jalan Biatan Lempake Disorot Masyarakat

Meskipun proyek telah selesai dikerjakan, namun jalan tersebut masih dalam jaminan pemeliharaan pihak kontraktor selama beberapa bulan ke depan. Sehingga, setiap kerusakan yang terjadi disekitar jalan, masih dalam tanggung jawab pihak kontraktor.

“Masa pemeliharaannya itu enam bulan. Jadi, setiap kerusakan akan dilakukan pemeliharaan. Bahkan, beberapa hari lalu, pihak kontraktor juga telah melakukannya dengan cara tambal sulam, meskipun belum menyeluruh,” terangnya.

 

Pihaknya juga tidak memungkiri, jika ada sejumlah titik lain yang juga mulai mengalami kerusakan. Namun hal itu tetap akan menjadi tanggung jawab pihak kontraktor, agar kerusakan jalan dapat diantisipasi.

“Yang jelas, setiap kerusakan tidak dibiarkan. Selama masih dalam tahap pemeliharaan, kontraktor akan bertanggungjawab melakukan perbaikan itu,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia