IPA Pesisir Selatan Berau Bakal Diserahterimakan

 

TANJUNG REDEB – Meski sejumlah Instalasi Pengolahan Air (IPA) sudah selesai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Berau, namun bukan berarti hal itu sudah bisa dioperasikan oleh PDAM Tirta Segah, selaku intansi teknis terkait.

Pasalnya, selain belum adanya sambungan instalasi listrik sebagai pembangkit IPA tersebut, salah satu penyebab lainnya adalah belum diserahterimakannya bangunan IPA dari DPU (Dinas Pekerjaan Umum) Berau kepada PDAM Tirta Segah.

BACA JUGA : 8 IPA Mangkrak Ternyata Belum Diserahkan Ke PDAM

Hal itu dibenarkan Kepala DPU Berau, Basri Sahrin saat dihubungi beraunews.com, Minggu (08/01/2017). Ia mengatakan, serahterima sudah dibahas bersama Direktur PDAM, Adief Mulyadi dalam rapat beberapa hari lalu.

Terkait hal itu, pihaknya bakal melakukan inventarisir terhadap aset-aset IPA yang dibangun oleh Pemkab Berau. Dengan diserahterimakannya IPA di wilayah Pesisir Selatan Berau, maka PDAM tidak akan terkendala dalam melakukan pertanggungjawaban pengoperasian.

Pasalnya, sudah ada beberapa IPA di wilayah tersebut yang siap untuk dioperasikan, seperti di Kampung Biatan Lempake Kecamatan Biatan, Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan, dan Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih.

"Yang jelas akan kita upayakan secepatnya. Setelah menginventarisir semua aset yang kita (Pemkab-red) bangun, dan didukung dokumen yang lengkap, baru akan kita jadwalkan serahterimanya," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia