Antisipasi Penurunan APBD 2017, Pemkab Berau Jajaki Cari Pinjaman

TANJUNG REDEB – Guna melaksanakan pembangunan di Kabupaten Berau, khususnya infrastruktur, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo menyambangi PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) di Jakarta, Kamis (26/5/2016) lalu. Kedatangan Wakil Bupati diterima langsung oleh Wakil Presiden Senior Bidang Pembiayan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Instansi Pemerintahan PT SMI, Wismanto Biman Kusumaedi di Gedung Wisma GKBI.

“Selain ke BNN (Badan Narkotika Nasional-red) dan Kementerian Perhubungan, kami juga berkunjung ke PT SMI. PT SMI ialah lembaga keuangan yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan,” ungkap Agus Tantomo baru-baru ini.
 
Dijelaskannya, lembaga keuangan tersebut dibentuk guna membantu pemda dalam hal pendanaan pelaksanaan pembangunan infrastruktur utama seperti rumah sakit, jalan, dan jembatan.
 
“Itu lembaga keuangan dibentuk untuk membantu pemda yang mengalami kesulitan keuangan. Artinya, mereka menawari pinjaman untuk pembangunan infrastruktur, khusus pemda,” jelasnya.
 
Ditambahkannya, beberapa kepala daerah di Indonesia telah menjajaki untuk bertemu pimpinan PT SMI. Penjajakan ini dilakukan lantaran adanya kemungkinan penurunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Berau tahun 2017.
 
“Mulai tahun depan, kemungkinan anggaran kita turun drastis. Kita kalau cuma mengandalkan APBD, tidak bisa membangun proyek-proyek besar. Jadi kita minta bantuan pinjaman ke SMI. Mereka membiayai, kemudian kita mencicil. Namun, saya masih penjajakan ini, kedepannya kita akan libatkan DPRD,” bebernya.(sai)