Pembangunan PLTN Talisayan Tinggal Tunggu Persetujuan Presiden

 

TALISAYAN – Meski mendapat penolakan dari masyarakat maupun pemuda di Kecamatan Talisayan, namun rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) sudah siap dilakukan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak.

Gubernur mengatakan, jika pembangunan PLTN sudah siap dilakukan hanya saja masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo. Jika disetujui Presiden, maka pembangunan akan segera dilaksanakan.

"Sudah siap dilakukan, hanya saja menunggu persetujuan bapak presiden," ungkap Gubernur kepada beraunews.com disela-sela kunjungan kerjanya ke Talisayan, baru-baru ini.

BACA JUGA : Ikatan Pemuda Talisayan Tolak Rencana Pembangunan PLTN

Untuk Kaltim sendiri, Awang menilai Talisayan cocok sebagai tempat pembangunan PLTN dan ia menganggap pembangunan PLTN juga tidak berbahaya.

"PLTN itu tidak berbahaya, siapa bilang berbahaya," terangnya.

BACA JUGA : PLTN Talisayan Perlu Banyak Kajian

Awang menambahkan, jika memang PLTN bisa dibangun di Kecamatan Talisayan, pihaknya yakin jika PLTN bisa memenuhi kebutuhan Listrik di Talisayan, sehingga tak ada lagi pemadaman ada penggunaan listrik hanya di jam-jam tertentu saja.

"Kalau PLTN dibangun, Insya Allah kebutuhan Listrik di Talisayan bisa terpenuhi," terangnya.

BACA JUGA : Bupati Berau : Masyarakat Bisa Menolak Atau Menerima Setelah Memahami Soal PLTN

Awang berharap, presiden bisa menyetujui pembangunan PLTN ini dan bisa segera terealisasi demi memenuhi kebutuhan listrik di Kecamatan Talisayan, bahkan di Kaltim sekalipun.

"Harapan kita presiden setuju, dan kita akan bangun PLTN ini, supaya listrik di Talisayan ini terpenuhi," pungkasnya.(Dedy Warseto)