Pemadaman Listrik Bikin Air PDAM Keruh

 

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I DPRD Berau, Burhan Bakran meminta agar PDAM Tirta Segah untuk berbenah. Pasalnya, ia menganggap kualitas air PDAM yang didistribusikan kepada masyarakat tak sejernih dulu.

“Airnya keruh pak Direktur, mudahan bisa jernih lagi,” ungkapnya saat sidang paripurna beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi menjelaskan, jika kekeruhan air yang didistribusikan tersebut bukan terjadi pada pengelolaan air, namun dampak dari pemadaman bergilir yang terjadi di Kabupaten Berau saat ini.

“Bukan karena pengelolaan air kita, tapi karena dampak dari pemadaman ini,” ujarnya.

Adief menuturkan, jika saat pemadaman terjadi, pipa menjadi kosong dan saat listrik nyala, maka lumpur yang ada menjadi terkelupas dan ikut mengalir ke pipa-pipa pendistribusian air ke masyarakat.

“Itu tanda kalau pipa PDAM bertahun-tahun tak pernah dibersihkan,” terangnya.

Saat ini, pihak PDAM sendiri baru melakukan pembersihan pipa atau flashing pada jaringan Sambaliung menuju Singkuang, untuk jaringan di perkotaan sendiri, pihaknya masih mengidentifkasi lokasi wash out atau tempat pembuangan airnya.

“Kalau pembersihan di dalam kota diprediksi akan lama, karena kita duga ada beberapa titik pembuangan air milik PDAM sudah tertutup aspal atau cor jalan, dan untuk penanganannya kita harus bongkar aspal atau cornya,” pungkasnya.(Dedy Warseto)