Jelang Peresmian Bandara Maratua, Ganti Untung Bangunan Warga Belum Tuntas

 

MARATUA – Meskipun telah santer dikabarkan jika pembangunan Bandara Maratua akan diresmikan pada awal tahun 2017 mendatang oleh Presiden Joko Widodo, namun hingga saat ini sejumlah persoalan terkait pembebasan ganti untung bangunan antara Pemkab Berau dengan warga, belum juga terselesaikan. Akibatnya, sejumlah bangunan yang ada di dalam wilayah Bandara Maratua, hingga kini tak kunjung dibongkar oleh pihak kontraktor pelaksana.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo dalam kunjunganya ke Bandara Maratua, mengatakan, proses pembayaran terhadap rumah warga akan segera dilakukan setelah proses APBD Perubahan tahun 2016 disahkan DPRD Berau.

"Saya sudah tanya sama Dishub, anggaranya itu sudah masuk di ABT (APBD Perubahan-red) tahun ini untuk pembebasan satu rumah warga sekitar Rp200 juta. Mudahan dalam waktu dekat ABT cepat di ketok, cepat dibayar, cepat juga diratakan sama kontraktor sebelum diresmikan nanti," jelasnya kepada beraunews. com, Sabtu (5/11/2016)

 

Meski telah dipastikan dana pembebasan bangunan telah masuk dalam APBD Perubahan, Wabup menilai, salah satu bangunan rumah yang akan dibebaskan, memiliki nilai ganti untung yang sangat tidak masuk akal. Pasalnya, kondisi bangunan belum sepenuhnya rampung.

"Satu rumah sudah sepakat harganya, tapi yang satu rumah lagi saya kurang sepakat ini. Dengan kondisi bangunan yang belum jadi, masa dihargai Rp300 juta, gila apa. Perkiraan saya malah hanya Rp100 juta saja. Ini nanti saya minta tim untuk negosiasi lagi, kemahalan itu," bebernya.

BACA JUGA : Kadishubkominfo Benarkan Wacana Presiden Resmikan Bandara Maratua

Selain itu, meski masih terkendala pembebasan bangunan, Wabup memastikan pembangunan bandara secara keseluruhan telah selesai. Kebutuhan mebeler bandara, seperti meja dan kursi penumpang, juga dalam proses pengadaan dan akhir november segera rampung.

"Secara keseluruhan semua sudah siap. Kita pastikan akhir tahun semua lengkap, tidak ada lagi masalah, baik itu ganti untung dan perlengkapan bandara. Januari atau Februari segera diresmikan, biar bisa dioperasikan," tandasnya.(M.S. Zuhrie)