Didukung PT Berau Coal, PDAM Tirta Segah Segera Operasikan 3 IPA Baru

 

TANJUNG REDEB – Percepatan pembangunan khususnya pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat tetap menjadi program prioritas Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi, yang baru menjabat beberapa bulan ini. Terbukti, selain telah dibukanya pemasangan baru untuk masyarakat yang mendaftar sejak tahun 2008 hingga 2010, kini PDAM segera mengoperasikan 3 Instalasi Pengelolaan Air (IPA) baru yang tersebar di beberapa kampung.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan PLN dan Distamben untuk 3 IPA, yaitu IPA Segah di Kampung Tepian Buah, IPA Suaran di Kampung Suaran, dan IPA Bebanir Bangun di Kampung Bebanir Bangun,” ungkap Adief saat ditemui beraunews.com di Kantor PDAM Tirta Segah, Jalan Raja Alam 1, Selasa (1/11/2016).

Hasil koordinasi itu, lanjut Adief, ternyata PT PLN Area Berau masih memiliki kelebihan daya. Daya yang ada cukup untuk mengoperasikan 3 IPA tersebut. Kemudian, sesuai hasil koordinasi dengan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Berau, Mappasikra Mappaseleng dan adanya dukungan penuh Bupati Berau, Muharram terkait pengoperasian 3 IPA itu.

 

 

Namun, ketersediaan energi listrik tetap menjadi kendala utama dalam upaya pengoperasiannya. Pasalnya, hingga saat ini belum ada instalasi jaringan listrik yang terkoneksi dengan ke-3 IPA tersebut. Untuk itu, Bupati Muharram pun meminta dukungan PT Berau Coal untuk pemenuhan instalasi jaringan listrik yang akan mensupport pengoperasian IPA.

“Karena 3 desa atau kampung ini, masih masuk wilayah lingkar tambang Berau Coal, Bupati meminta support dari Berau Coal untuk bisa mendanai pembangunan instalasi jaringan listriknya secara lengkap,” lanjutnya.

BACA JUGA : Ternyata, Ada 11 IPA Mangkrak, Direktur PDAM : IPA Harus Beroperasi

Dukung itu, tambah Adief, untuk pengadaan instalasi jaringan listrik yang terkoneksi dengan 3 IPA, mulai dari tiang jaringan, trafo hingga Sertifikasi Laik Operasi (SLO). Bahkan, Selasa (1/11/2016) hari ini, pihaknya bersama PT Berau Coal telah melakukan survei lapangan. Pihaknya juga telah menunjukan lokasi-lokasi yang telah disetujui untuk dilakukan pembangunan instalasi jaringan listrik.

“Insya Allah, secara prinsip Berau Coal siap dan bersedia untuk membiayai atau mendanai pembangunan jaringan instalasi listrik tersebut,” katanya.

 

Untuk itu, pihaknya hanya tinggal menunggu proses pembahasan lebih lanjut di internal managemen PT Berau Coal, dan diharapkannya, dapat berjalan dengan cepat sehingga dapat realisasi dalam waktu tidak terlalu lama.

“Selama ini, IPA tersebut masih ada yang tidak beroperasi, ada juga yang beroperasi tapi dengan power atau tenaga listrik dari genset,” jelasnya.

Dengan adanya pasokan listrik dari PT PLN, diyakini Adief, pihaknya dapat mengoperasikan ke-3 IPA itu secara efesien dan selama 24 jam setiap harinya, sehingga pendistribusian air bersih ke pelanggan pun berjalan teratur dan juga bisa menjangkau masyarakat yang lebih banyak lagi.(Andi Sawega)