Ternyata, Ada 11 IPA Mangkrak, Direktur PDAM : IPA Harus Beroperasi

 

TANJUNG REDEB – Melihat banyaknya Instalasi Pegolahan Air (IPA) yang hingga saat ini belum dioperasikan secara maksimal oleh pihak kecamatan maupun kampung, Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi mengambil langkah inisiatif dengan terjun langsung ke sejumlah IPA yang mangkrak untuk melihat secara detail apa yang menjadi penyebab tak beroperasinya IPA tersebut.

Hasil penijauan akan dilaporkan langsung kepada Bupati Berau, Muharram, sehingga pengelolaan IPA yang sebelumnya mangkrak dapat kembali dioperasikan dengan maksimal guna melayani masyarakat.

BACA JUGA : 8 IPA Mangkrak Ternyata Belum Diserahkan Ke PDAM

Saat ini sendiri, dikatakan Adief, di Kabupaten Berau terdapat 17 IPA yang layak dioperasikan. Namun, baru 6 IPA yang beroperasi, sementara 11 IPA lainnya mangkrak. Dari hasil monitoring lapangan, ternyata faktor penyebab tak beroperasinya IPA, akibat keterbatasan air baku, kondisi IPA yang rusak, tak ada pasokan listrik serta belum adanya serah terima dari Pemkab ke PDAM.

“Target saya dalam waktu satu atau dua bulan setelah saya meninjau ke lapangan, kita akan merangkum semua kendala yang dihadapi teman-teman di kecamatan dan kampung, untuk selanjutnya kita carikan solusi dan kita serahkan ke Bupati,” jelasnya kepada beraunews.com, Sabtu (29/10/2016).

 

Dalam upaya mengoperasikan IPA yang mangarak itu, diakui Adief, bukan perkara mudah, namun pihakanya terus mendorong Pemkab agar segera mengambil langkah serius guna mengoperasikan IPA yang ada.

“Kita tidak permasalahkan siapapun yang akan mengoperasikan, namun yang pasti kita dorong terus agar IPA ini segera beroperasi kembali. Kami siap saja diajak kerja sama, baik diserahkan seluruhnya untuk mengelola atau hanya sebagai pendamping,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait kapan seluruh IPA yang ada bisa dioperasikan, Adief belum bisa memberikan gambaran lebih lanjut menyusul sejumlah permasalahan yang ada cukup berat.

“Kita tidak bisa pastikan kapan IPA akan beroperasi, tetapi kita harap dalam 1 tahun ke depan 2 IPA beroperasi,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)