8 IPA Mangkrak Ternyata Belum Diserahkan Ke PDAM

 

TANJUNG REDEB – Direktur PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi mengakui saat ini ada 8 Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dibangun pemerintah daerah dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), belum dapat beroperasi. Dikatakannya, banyak faktor penyebab belum beroperasinya IPA tersebut, salah satunya sebagai akibat belum diserahkanya IPA dari pemerintah ke PDAM.

BACA JUGA : Perkebunan Sawit Rusak Sumber Air Baku PDAM

Menyikapi hal tersebut, Bupati Berau, Muharram yang dikonfirmasi usai memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88, mengaku belum mengetahui secara detail kondisi IPA yang ada di sejumlah wilayah.

“Ini menjadi PR baru buat kita, kenapa IPA itu tidak berjalan, apakah karena proyeknya yang tidak karuan sehingga mangkrak atau karena faktor dana atau semacamnya. Nanti saya akan instruksikan ke pihak DPU (Dinas Pekerjaan Umum) untuk mengecek ke lapangan,” tegasnya, Jumat (28/10/2016) kemarin.

 

Dikatakan Bupati, jika dari hasil pemeriksaan di lapangan memang terdapat indikasi penyalahgunaan kewenangan dari kontraktor ataupun dengan sengaja memperkaya pihak tertentu, dirinya tak akan segan membawa kasus tersebut ke ranah hukum.

BACA JUGA : Meski Rampung, PDAM Biatan Tak Kunjung Beroperasi

“Sampai saat ini saya belum pelajari satu per satu apa masalahnya di lapangan. Terkait SDM yang dinilai tidak mampu mengelola ini disebabkan faktor apa, ataukah memaang SDM-nya yang kurang mempuni ataukah karena IPA yang memang bobrok,” tambahnya.

 

Terkait rencana PDAM yang akan menarik dan mengelola IPA tersebut, Bupati mendukung secara penuh. Namun saat disingung kapan IPA tersebut akan diserahkan ke pihak PDAM, dirinya mengaku akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak DPU.

BACA JUGA : Ini Penyebab IPA Biduk-Biduk Belum Beroperasi

“Soal kapan diserahkan ke PDAM, saya koordinasi sama DPU dulu,” tandasnya.(M.S. Zuhrie)