Bandara Kalimarau Bangun Solar Cell

 

TANJUNG REDEB – Proyek pemasangan panel tenaga surya atau solar cell di Bandara Kalimarau sudah berjalan selama dua bulan belakangan ini. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan cadangan energi sebanyak 315 KVA.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau, Bambang Hartato mengatakan, solar cell yang saat ini dipasang merupakan hibah dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Proses ABC-nya saya tidak tahu, kami hanya pemakai jika proses pemasangan telah usai pada Desember mendatang," ungkapnya kepada beraunews.com, Jumat (21/10/2016).

Pemasangan solar cell di Bandara Kalimarau, memiliki multifungsi. Dimana, energinya bisa digunakan dan panelnya bisa dimanfaatkan sebagai pelindung kendaraan parkir. Awalnya, pihaknya hanya diberikan panel tenaga surya saja, namun dirinya menolak jika tidak memiliki fungsi lain.

"Saya sempat sampaikan kepada pihak ESDM, alangkah baiknya jika panel ini memiliki multifungsi, yakni bisa digunakan sebagai wadah parkir juga, dan hal itu disetujui oleh mereka," ujarnya.

Pemasangan panel tenaga surya multifungsi ini, dikatakan Bambang, baru pertama kali ada di Indonesia. Hal ini juga mendapat respon positif dari masyarakat Berau yang hendak berangkat dan memarkir kendaraan mereka.

Jufri, salah seorang penumpang mengatakan, dulu jika hendak berangkat dirinya bingung hendak parkir dimana, bukan karena tidak ada lahan parkir, namun tidak ada tempat teduh.

"Positif sekali, selain bermanfaat untuk tambah energi, juga bermanfaat untuk masyarakat yang membawa kendaraannya, jadi tidak kepanasan dan kehujanan lagi jika kita memarkir disini," ungkapnya.

Dengan target penyelesaian akhir Desember, tentu penggunaan tambahan energi dari tenga surya ini bisa digunakan pada Januari 2017 mendatang.(M.S. Zuhrie)