Warga Gang Pelangi Akhirnya Terima Sambungan PDAM

 

TANJUNG REDEB – Setelah menunggu 8 tahun lamanya untuk menikmati air bersih, akhirnya penantian panjang warga Gang Pelangi Kelurahan Gayam terbalaskan. Pasalnya, sejak Selasa pagi belasan petugas PDAM Tirta Segah telah sibuk memasang sejumlah meteran air bagi masyarakat di kawasan tersebut. Kehadiran petugas, sontak membuat warga keluar dan menungggu proses pemasangan selesai.

Endang warga setempat mengaku, dirinya telah melakukan pendaftaran pemasangan sambungan ke PDAM pada tahun 2008 lalu, namun baru tahun 2016 ini pemasangan dilakukan. Meski demikian, Endang tetap bersyukur dan menyambut baik hal ini, sehingga ia tak perlu lagi membeli air melalui pengecer.

“Selama ini saya kalau untuk kebutuhan sehari-hari terpaksa beli air, kita tampung di tendon ukuran 1.200 liter untuk bertahan dua sampai tiga hari. Mau tidak mau harus begitu, karena PDAM belum tersambung, tapi sekarang sudah lega, akhirnya 8 tahun menunggu sambungan kita dipasang juga,” ungkapnya kepada beraunews.com.

BACA JUGA : Ini Alasannya Kenapa 8 Tahun PDAM Bisa Layani Pemasangan Baru

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Jannah. Menurutnya, selama ini selain untuk kebutuhan sekolah dan kebutuhan dapur, pengeluaran terbesar lain keluarganya adalah membeli air bersih. Sebab, yang dulu air 1.200 liter hanya Rp30 ribu, kini sudah mencapai Rp80 ribu, kalau sebulan sekitar Rp800.00 pengeluaran hanya untuk beli air. Bahkan diperkirakan, harga akan terus naik jika kebutuhan air bersih bagi warga yang belum menikmati sambungan PDAM terus bertambah. 

“Alhamdulillah sekali air sudah dipasang, mudah-mudahan dengan dipasangnya sambungan PDAM, uang yang selama ini dialokasikan untuk beli air bersih bisa dialihkan ke yang lain,” jelasnya.

 

Dari pantauan di lapangan, setidaknya ada 30 rumah warga Gang Pelangi yang menerima pemasangan sambungan baru yang masuk dalam daftar 1.541 Sambungan Rumah (SR) sesuai target PDAM di tahun 2016.(M.S. Zuhrie)