Belum Prioritas, Jalan Menuju Talisayan Terancam Longsor

 

BIATAN – Tak hanya mengalami kerusakan, sejumlah titik jalan poros yang berada di pesisir selatan Berau juga terancam longsor. Seperti yang terlihat di sekitar poros jalan Kampung Tubaan Kecamatan Tabalar dan poros Jalan Kampung Biatan Lempake menuju Kampung Bapinang di Kecamatan Biatan. Kondisi itu pun dikhawatirkan dapat berdampak pada kelancaran lalu lintas, belum lagi kerusakan permukaan jalan yang cukup parah.

Menurut sejumlah warga yang berada di Kampung Biatan Lempake mengatakan, jalan yang terancam longsor tersebut memiliki gorong-gorong yang sudah mulai rusak. Sebenanrnya, jalan tersebut sudah mulai longsor sejak 2014 lalu. Hanya, masih belum begitu jelas terlihat. Tetapi, karena tidak adanya perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah terkait, sehingga kondisi jalan longsor tersebut semakin melebar.

Seperti yang dikatakan Umar (29), jika kondisi tersebut dibiarkan berlarut-larut besar kemungkinan permukaan jalan akan putus seperti yang terjadi di Kampung Pesayan beberapa waktu lalu.

“Bisa jadi. Karena kita lihat, selain tepi jalan yang sudah longsor, permukaan jalan juga mengalami penurunan,” ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (18/9/2016).

 

Menurutnya, untuk menghindari jalan putus, satu-satunya cara harus segera dilakukan perbaikan segera. Apalagi, aktivitas kendaraan di sekitar jalan tersebut cukup padat. Ia khawatir, dengan banyaknya kendaraan dengan beban tinggi membuat jalan atau gorong-gorong yang berada di bawah permukaan jalan tersebut tidak lagi mampu menahan beban kendaraan.

“Kita hanya ingin segera ada respon. Jangan sampai sudah putus baru rame-rame perbaiki,” bebernya.

Sementara itu, warga lainnya Sarif (34) berharap agar pemerintah lebih memperhatikan akses jalan demi kelancaran beraktivitas masyarakat. Sejauh ini dinilainya, permukaan jalan rusak berlubang dan terancam longsor masih belum jadi prioritas pemerintah terkait.

“Harapannya ini perbaikan jalan lebih diprioritaskan. Karena akses jalan yang baik sangat penting, selain menjadi penggerak ekonomi masyarakat juga mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” harapnya.(Hendra Irawan)