Perlahan, Pembangunan Perpustakaan Seluruh Kampung Akan Tuntas

TANJUNG REDEB – Sejak tahun lalu, Pemkab Berau telah merencanakan pembangunan perpustakaan di seluruh kampung yang ada di 13 kecamatan secara bertahap. Dengan pemenuhan perpustakaan kampung tersebut, diharapkan dapat membantu menunjang wawasan masyarakat melalui minat baca yang tinggi guna mendukung dalam membangun daerah agar menjadi lebih maju dan berkembang.

Dikatakan Kepala Perpusatakaan Daerah Berau, Rabiatul Islamiah, program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan SDM di Kabupatten Berau. Saat ini, pihaknya terus berupaya memenuhi pembangunan perpusatakaan tersebut di 100 kampung di Berau.

Untuk sekarang ini, lanjut Rabiatul, ada sekitar 94 kampung telah memiliki perpustakaan, sedangkan kampung yang belum akan masuk dalam program kedepannya.

“Tinggal enam kampung saja yang dalam proses, kita harap secepatnya akan terlaksana pembangunannya. Karena program ini kita lakukan secara bertahap,” jelasnya, Selasa (30/8/2016) kemarin.

Menurutnya, dengan keberadaan perpustakaan di kampung, akan membantu dalam mengembangkan pengetahuan masyarakat. Apalagi kedepannya perpustakaan tersebut akan dilengkapi dengan jaringan internet. Sehingga, masyarakat dapat mengakses seluruh informasi yang diperlukan dalam pembangunan.

“Sekarang ini kan semuanya menggunakan teknologi informasi, kita ingin meningkatkan kemampuan masyarakat sehingga tidak ketinggalan dengan orang luar,” ujar Rabiatul.

Dalam pemenuhan pembangunan tersebut, ia juga berharap tetap mendapat dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat dalam hal pemenuhan buku. Untuk pemenuhan buku sendiri, diungkapkan Rabiatul, akan disesuaikan dengan kondisi di daerah tersebut. Misalnya, kampung tersebut memiliki potensi di sektor pertanian, maka buku yang menyangkut sektor tersebut akan lebih diperbanyak porsinya.

“Kalau kita penuhi seperti itu masyarakat kan dapat mengembangkan kemampuannya sesuai dengan kondisi daerah. Tentu ini merupakan program yang menjadi prioritas kita kedepannya, dalam mewujudkan SDM yang handal serta beri dukungan kepada pembangunan daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)