3 Tahun Beruntun, Berau Peringkat Terbawah Kabupaten Sehat

TANJUNG REDEB – Kabupaten Berau terpaksa harus menahan malu saat mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi di Kota Balikpapan beberapa waktu lalu. Pasalnya, dari 10 Kabupaten/Kota se-Kaltim, Berau menduduki posisi terendah sebagai Kabupaten Sehat. Parahnya lagi, predikat tersebut telah disandang Berau sejak program Kabupaten Sehat diluncurkan 3 tahun lalu.

"Kita sempat malu juga, waktu Rakor Kabupaten sehat di Balikpapan ternyata Berau lagi-lagi menduduki peringkat terbawah sebagai Kabupaten sehat," ungkap Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Berau, Andarias Baso kepada beraunews.com, Sabtu (4/6/2016).

Dikatakan Andarias, minimnya respon Pemerintah Daerah sebagai salah satu penyebab terjadinya 3 tahun berturut-turut Berau berada diurutan terbawah. Padahal, Ketua Kabupaten Sehat yang saat itu dipimpin Muharram, berhasil mendapatkan anggaran sebesar Rp1 Miliar.

"Waktu Pak Muharram masih anggota DPRD, beliau juga Ketua Kabupaten Sehat. Beliau saat itu berjuang untuk program ini, agar dapat dianggarkan. Setelah berhasil malah tak berjalan lancar. Ya itu, pemerintahan saat itu benar-benar kurang mendukung, padahal Kabupaten lain sudah jalan," bebernya.

Terkait indikator penilaian Kabupaten Sehat, Andarias mengatakan meliputi semua sektor kesehatan. Namun, kesehatan lingkungan menjadi penilaian utama dengan melibatkan lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Indikator penilaian Kabupaten Sehat itu meliputi kesehatan dari segi pariwisata, pertanian dan masih masih banyak lagi. Namun yang terpenting adalah kebersihan lingkungan," jelasnya.

Andarias optimis di tahun 2016 ini predikat Kabupaten Sehat yang telah di sandang Kabupaten Berau selama 3 tahun akan hilang, menyusul Pemerintah Daerah saat ini diyakini akan mendukung program tersebut, terlebih Bupati Berau saat ini merupakan mantan Ketua program tersebut.

"Bupati kita saat ini mantan Ketua Kabupaten Sehat. Jadi saya yakin dengan kepemimpinanya sekarang Pemerintah Daerah akan mendukung penuh program Kabupaten Sehat," tutupnya.(msz)