Ika Fahutan Unmul Taman Ratusan Pohon di Hutan Kota

TELUK BAYUR - Dalam rangka merayakan hari lingkungan hidup sedunia, Ikatan Alumni Fakultas Kehutanan (Ika Fahutan) Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar acara trekking, penanaman pohon, family gathering dan pemerhati lingkungan Berau di Hutan Kota Tangap, Jalan Poros Labanan, Kecamatan Teluk Bayur sekitar pukul 07.00 Wita, Sabtu (28/5/2016) kemarin.

Selain Ika Fahutan Unmul, acara tersebut juga dihadiri oleh Pihak Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Berau, Kepada BLH Kabupaten Berau, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Berau, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah (STIEM) Tanjung Redeb.

Diketahui, ada sekitar 200 bibit pohon buah yang ditanam, agar hutan tersebut semakin terlihat hidup dan bisa berfungsi dengan maksimal sebagaimana peruntukannya sebagai salah satu hutan kota di Kabupaten Berau.

Salah satu panitia acara itu, Agustina Tandibuna mengatakan agenda tersebut dilakukan untuk lebih memperhatikan hutan kota yang ada saat ini. Pasalnya, hutan kota di Kabupaten Berau seperti Tangap masih kurang perhatian sehingga lokasi tersebut dipilih menjadi lokasi untuk menyelenggarakan agenda tersebut.

“Ada beberapa agenda yang kita lakukan seperti trekking, family gathering rimbawan, penanaman pohon dan pemerhati lingkungan hidup. Kita sengaja pilih Tangap yang merupakan lokasi hutan kota paling dekat dengan perkotaan dan mudah dijangkau,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, pihaknya juga ingin memperkenalkan kepada masyarakat terkait hutan kota ini. Sehingga kedepannya masyarakat tahu dan diharapkan bisa dijadikan sebagai alternatif wisata alam untuk melihat jenis-jenis pepohonan.

“Agenda ini kan juga bersama keluarga dan membawa anak-anak untuk terjun langsung kelapangan melihat apa yang dilakukan. Dan kita harap ini menjadi edukasi alam buat mereka agar kedepannya semakin banyak yang memperhatikan alam di Kabupaten Berau,” tambahnya.

Guna mempertahankan apa yang sudah dilakukan saat ini, Agustina berharap kedepannya para alumni kehutanan yang tergabung dalam Ika Fahutan Unmul ini bisa ambil andil dalam melakukan langkah terbaik untuk alam di Kabupaten Berau.

“Kita sebagai alumni Fakultas Kehutanan setidaknya bisa melakukan langkah nyata dilapangan untuk menjaga alam di Kabupaten Berau, sehingga apa yang diharapkan terkait alam bisa terealisasi dan terwujud nyata,” ucapnya.

Selain penanaman, dalam agenda tersebut juga dilakukan beberapa kegiatan lain seperti perkenalan para alumni, keluarga serta hobby bersama; menyanyikan lagu-lagu rimbawan; kilas-kilas rimbawan dari zaman ke zaman mulai angkatan tahun 1970 hingga tahun 2000an; membacakan surat cinta atau kata-kata mutiara untuk alam; permainan bagi keluarga; permainan kelompok serta pembagian dor prize.(dws)