Hotspot Nihil, Kabut Asap Kiriman Dari Kalbar

TANJUNG REDEB – Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Berau terus melakukan pemantauan titik panas di seluruh wilayah Kabupaten Berau. Kepala BMKG Berau, Sulam Khilmi menyampaikan, untuk saat ini pihaknya belum menemukan adanya hotspot di Berau.

"Dari pantauan kita hari ini tidak ada hotspot terdeteksi," ungkapnya kepada beraunews.com, Selasa (23/8/2016)

Kendati demikian, meskipun di wilayah Berau masih belum ditemukan titik api. Namun, langit Berau mulai ditutupi kabut asap sejak beberapa hari lalu.

"Untuk kabut asap yang terlihat kemarin merupakan asap kiriman dari Kalimantan Barat. Tapi kita akan lihat beberapa hari ke depan, karena setiap hari kita akan selalu update (hotspot-red)," ujarnya

Sementara itu, pihaknya juga akan memaksimalkan pemantauan terkait Karhutla di Kabupaten Berau. Bahkan saat ini, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan instansi terkait, seperti TNI, Polri, dan BPBD Berau untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Bahkan beberapa hari lalu pihaknya sempat memantau titik api di wilayah pesisir selatan Berau. Tetapi, kebakaran lahan tersebut berhasil dipadamkan, lantaran petugas keamanan dengan tanggap memadamkan api.

"Kalau empat hari lalu itu di Kecamatan Batu Putih terpantau hotspot, tapi sudah tertangani oleh aparat. Karena begitu ada hotspot terpantau, kita langsung beri info dan nomor koordinat, mereka yang bergerak ke TKP," ujarnya.(hir)