Waduh...!!! Pohon Dan Excavator Sama-sama Tumbang

BATU PUTIH – Satu unit alat berat jenis Excavator Komatsu terguling di sekitar tepi poros jalan Dusun Kalamanting RT  06 Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 Wita, Rabu (20/7/2016). Meski tak ada korban jiwa, namun salah satu sisi serta kap alat berat tersebut ringsek.

Berdasarkan informasi yang dihimpun beraunews.com, excavator yang dioperatori oleh Pelling itu hendak mendorong salah satu pohon sengon yang berada tidak jauh dari tepi jalan yang juga berada di halaman rumahnya. Saat mendorong pohon tersebut, dirinya tidak memperhatikan tanah timbunan yang menjadi pijakan alat yang ia bawa.

Setelah pohon tumbang, dan hendak merubah posisi, tiba-tiba tanah timbunan yang berada di bagian kanan rantai excavator tersebut runtuh, dan membuat excavator mendadak rebah ke kanan.

Tumbangnya alat berat tersebut juga merusak sejumlah pohon buah yang ada disekitarnya. Salah satu sisi rumah yang baru dibangun Pelling juga terlihat mengalami kerusakan akibat diterjang pohon sengon yang ia dorong.

Sementara itu, Pelling yang dikonfirmasi beraunews.com mengatakan, dirinya mengakui hendak merebahkan pohon yang berada tepat di depan rumah yang baru ia bangun lantaran terlihat menutupi rumahnya. Tetapi sama sekali tak menyangka alat berat yang ia pinjam dari PT Perdasa dan dikemudikannya tersebut bakal rebah.

"Rantai sebelah kanan terperosok pas mau rubah posisi. Makanya sampai rebah," ujarnya saat berada dilokasi kejadian.

Meski tidak mengalami luka serius, namun Pelling terlihat syok dengan kejadian yang baru saja menimpanya. Pasalnya, alat berat yang berbobot sekitar 24 ton itu bisa saja menjadi cerita lain andai rebahnya excavator itu dari sisi yang lebih tinggi.

"Saya tidak ada luka. Karena posisinya cuma rebah ke samping tidak terguling," ungkapnya. 

Kejadian itu juga selain menyedot perhatian masyarakat sekitar, juga menyita perhatian pengguna jalan yang melintas. Tidak jarang ada yang mengabadikan momen tersebut dengan ekspresi wajah keheranan.

Hingga berita ini diturunkan, excavator tersebut masih dalam kondisi "terbaring", dan belum berhasil dilakukan evakuasi.(hir)