Tak Sempat Selamatkan Rumah, Ini Penjelasan PMK

TANJUNG REDEB – Selasa (19/7/2016) musibah kebakaran kembali terjadi dan menghanguskan sebuah rumah dengan 2 pintu di bilangan Jalan P. Diponegoro Tanjung Redeb. Meski masih berada dalam kota dan satu kecamatan dengan unit-unit dari PMK Berau, namun rumah tersebut tidak bisa diselamatkan. Khusus untuk kejadian ini, Kasi Kedaruratan dan Logistik PMK Berau, Darno menyebutkan, mereka mengalami kendala saat akan memadamkan api.

Dari keterangannya, dipastikan setelah mendapatkan laporan hanya selang beberapa menit pihaknya sudah sampai di lokasi kejadian. Sayangnya, mereka tidak bisa bekerja maksimal lantaran jarak rumah dengan unit terhalang tembok tinggi. Sehingga petugas tidak bisa leluasa mendekati rumah yang terbakar. Saat akan memadamkan api tidak ada akses menuju lokasi kejadian yang tertutup oleh pagar beton sekitar kurang lebih 3 meter.

"Rumah yang terbakar ini tepat berada di belakang pagar, jadi agak sulit kita tempuh. Tapi informasi yang didapatkan sudah cukup cepat, begitu kita terima informasi begitu juga kita langsung gerak," jelasnya.

Sekitar tiga unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api di lokasi kebakaran. Tak kurang 30 menit pasukan pemadam kebakaran memastikan sudah tidak ada api yang berkobar lagi.

"Untung saja tidak begitu banyak rumah disekitar lokasi kejadian ini, jadi api tidak menjalar ke mana-mana lagi. Ada 1 rumah 2 pintu yang terbakar, semua material dari kayu sehingga apinya cepat sekali besar," terangnya.

Ditanya penyebab kebakaran, dirinya belum bisa menyebutkan secara pasti. Hanya dugaan sementara kemungkinan bermula dari arus pendek.

"Untuk sementara dugaan kita api berasal dari kabel yang konslet, karena kita temukan kabel disini," tutupnya.(mta)