Angin Kencang, Waspada Pohon Tumbang

 

BIATAN- Sepertinya, saat ini pengendara yang melintas di sekitar wilayah Biatan, dan Talisayan harus lebih waspada. Pasalnya, saat ini cukup banyak pohon yang rawan tumbang, dan sewaktu-waktu dapat menyebabkan kecelakaan.

Seperti halnya kejadian yang terjadi di Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan, Kamis (19/10/2017) sekitar pukul 13.00 Wita. Salah satu cabang pohon yang berada di tepi jalan tumbang melintang di tengah jalan. Akibatnya, aktivitas lalu lintas kendaraan menjadi terhambat, baik roda dua maupun roda empat yang melintas di lokasi tersebut.

Tak hanya mengganggu aktivitas lalu lintas, pohon tersebut juga menimpa kabel instalasi listrik milik PLN Unit Ranting Talisayan dan kabel Telkom. Bahkan, sejumlah pengendara juga sempat bahu membahu mengangkat sepeda motor.

Lumpuhnya aktivitas lalu lintas tersebut setidaknya memakan waktu sekitar 30 menit, sebelum sejumlah warga Biatan Ilir dan Karangan membawa mesin gergaji untuk memotong pohon tersebut.

Salah serang warga setempat, Ali mengatakan, tumbangnya pohon di sekitar kampung Biatan Ilir memang sering terjadi, terutama ketika angin kencang.

"Biasa begitu. Apalagi sekarang lagi musim angin selatan, banyak pohon atau cabang pohon yang patah dan tumbang karena angin kencang," bebernya.

 

Sementara itu, Herman salah satu driver truck sawit mengatakan, tumbangnya pohon di wilayah Kampung Biatan Ilir, tak hanya terjadi di satu titik saja. Sebab, beberapa jam sebelumnya juga, ia mendapati salah satu pohon di tepi jalan tumbang, dan mengenai badan jalan.

"Tadi saya dari Talisayan juga ketemu pohon tumbang, tapi sudah dibersihkan sama warga," ujarnya.

Meski begitu, dirinya bersyukur tidak ada korban yang disebabkan tumbangnya pohon tersebut. Meski diakuinya, kejadian itu cukup banyak menyita waktu.

"Ini juga perlu diwaspadai. Jangan sampai menimpa 'yang tidak-tidak'," tandasnya.(Hendra Irawan/bnc)