BMKG : Pagi Lebaran Berpotensi Hujan

TANJUNG REDEB – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Berau memperkirakan Berau mengalami hujan ringan saat perayaan lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah. Prakiraan cuaca tersebut berlaku tanggal 4-6 Juli 2016.

Berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG, terlihat kondisi umum Berau dalam tiga hari mendatang berawan-hujan ringan dengan arah angin dari barat dan kecepatan 16 Km per jam. Suhu udara maksimum 34 derajat celcius, sedangkan suhu udara minimum 23 celcius. Kelembaban maksimum udara 98 persen sedangkan kelembaban udara minimum 54 persen.

“Dari pantauan BMKG memperlihatkan kondisi cuaca dalam tiga hari ke depan berawan yang berpotensi hujan ringan dengan kondisi suhu udara dan kecepatan angin yang berbeda-beda. Di tanggal 4 suhu udara 34-24 celcius dengan kecepatan angin 8-16 Km per jam dari barat daya. Tanggal 5 masih dengan kondisi berawan-hujan ringan dengan suhu udara 34-23 celcius kecapatan angin 8-16 Km per jam dari barat. Tepat hari raya Idul Fitri nanti kondisi cuaca masih berawan-hujan ringan dengan suhu udara 33-23 celcius, kecepatan angin 10-14 Km per jam dari utara ke barat,” beber Kepala BMKG Berau, Sulam Khilmi saat dihubungi beraunews.com, Senin (4/7/16).

Dikatakannya, untuk gelombang di wilayah perairan Berau dalam 3 hari ke depan tidak terlalu tinggi dengan kisaran 0,2 sampai 0,5 meter. Prakiraan cuaca tersebut bisa saja berubah, namun pihak BMKG akan terus memantau kondisi cuaca terkini di wilayah Berau dan terus menyampaikannya ke masyarakat Bumi Batiwakkal.

“Untuk gelombang sendiri di wilayah perairan Berau hanya berkisar 0,2 sampai dengan 0,5 meter saja. Jika melihat dari hasil pantauan kami tadi, terlihat di hari lebaran nanti tepat pagi hari terpantau akan turun hujan ringan,” pungkasnya.(ea)