Waspada Saat Hujan Mulai Melanda Berau

 

TANJUNG REDEB – Hujan yang mengguyur Kabupaten Berau beberapa hari terakhir memang tak bisa diprediksi. Dengan situasi seperti ini, masyarakat diminta untuk waspada, karena hujan yang turun bisa saja berpotensi banjir di kawasan-kawasan yang memang sering menjadi langganan banjir.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Rismansyah mengatakan, tak menutup kemungkinan hujan yang mengguyur Berau khususnya Tanjung Redeb bisa berpotensi banjir, oleh karena itu ia meminta masyarakat bisa mengantisipasi saat datangnya hujan.
 
“Sesuai perkiraaan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau jika wilayah Kabupaten Berau masih berpotensi diguyur hujan dan ini yang patut diwaspadai,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (21/08/2017).
 
Ia menambahkan, masyarakat bisa waspada terkait kemungkinan terjadinya banjir. Volume air bisa saja meningkat sewaktu-waktu jika hujan terus mengguyur dengan intensitas sedang dan waktu yang cukup lama.
 
“Terutama di daerah yang rawan banjir, jadi jika hujan turun masyarakat diharapakan bisa lebih waspada akan terjadinya banjir. Jangan sampai ada hal yang dapat merugikan masyarakat baik dari segi material maupun keselamatan,” pungkasnya.

 

Terpisah, Ade Heryadi dari BMKG Berau menyebutkan jika Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung dan Teluk Bayur masih berpotensi diguyur hujan hingga beberapa hari ke depan dengan intensitas ringan hingga sedang. Angin gradien di wilayah Indonesia terpantau bertiup dari Tenggara hingga Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 5-25 knot. Ramalan ini pun berdasarkan informasi dari BMKG pusat.
 
“Beberapa hari ke depan masih ada potensi hujan yang akan melanda dengan suhu antara 23 hingga 33 derajat celcius,” katanya.(bnc)
 
Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia