Kendalikan Sampah, Pulau Maratua Punya Bank Sampah

 

MARATUA - Untuk mengurangi produksi sampah serta memanfaatkan sampah menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat, saat ini di Pulau Maratua telah diadakan bank sampah. Hal itu disampaikan Camat Maratua, Marsudi, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, terbentuknya bank sampah merupakan cara untuk mengurangi jumlah sampah yang beredar di lingkungan destinasi wisata tersebut.

“Kita sudah ada yang namanya bank sampah. Ini salah satu solusi kita untuk mencapai lingkungan yang bersih dengan turut memberikan pendapatan bagi masyarakat sekitar yang menyetorkan sampahnya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan saat ini memang persoalan sampah menjadi yang cukup utama di pulau wisata tersebut. Namun, sampah tersebut merupakan sampah yang terseret oleh ombak dari daerah lain.

Meski begitu, pihaknya akan tetap mencoba mencari solusi terkait sampah-sampah yang saat ini masih menghantui keindahan alam Maratua.

“Kita akan coba mengupayakan dengan berbagai cara agar kebersihan lingkungan di alam Maratua ini terjaga, dan itu bukan hanya butuh satu atau dua pihak saja, tapi semua pihak harus membantu dan bersinergi, supaya apa yang kita cita-citakan untuk wisata bebas sampah bisa tercapai,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau juga telah mendorong agar Camat Maratua segera membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan di Pulau Maratua, namun hal tersebut belum ditanggapi Marsudi, sebab kesibukan lain yang memaksa untuk menunda wawancara.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia