Kapal Pengangkut Pupuk Seruduk Dermaga

 

TANJUNG REDEB- Kapal KM Kebun Karet yang diketahui mengangkut pupuk, menabrak sebuah dermaga di tepian Gunung Tabur sekitar pukul 09.30 Wita, Selasa (08/08/2017) pagi tadi.

Akibat kejadian tersebut, dermaga mengalami kerusakan yang cukup parah. Beberapa lantai berbahan dasar papan Ulin lepas dan tergeser. Sementara bangunan dermaga nyaris roboh.

Menurut saksi mata, Yansar mengatakan, kapal tersebut bergerak dari arah ilir menuju ulu Sungai Segah. Dirinya tidak tahu pasti apakah mesin kapal dalam posisi hidup atau tidak, yang jelas kapal jalan dengan posisi miring dan kepala kapal mengarah ke tepian Gunung Tabur.

"Memang dari arah sana (Ilir-red) posisinya sudah miring, tidak tahu dia jalan terus dan nabrak dermaga ini," ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, setelah menabrak, perlahan kapal mulai mundur ke arah tengah sungai, sementara kapten kapal yang diharapkan turun menemui masyarakat tak kunjung datang.

 

"Habis menabrak kita tunggu kaptennya datang ke sini, tapi tidak ada turun. Padahal kita mau minta jelaskan kenapa bisa seperti ini," ucapnya.

Dirinya berharap pihak kapal atau pemilik kapal mau bertanggungjawab atas kerusakan yang terjadi di dermaga tersebut. Karena dermaga ini juga merupakan salah satu wadah bersandarnya transportasi air masyarakat.

"Kami harap ada tanggungjawab untuk perbaikan dermaga ini, kalau korban jiwa alhamdulillah tidak ada," pungkasnya.

Penjelasan dari pihak KM Kebun Karet akan kami terbitkan pada berita selanjutnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia