Alat Tangkap Nelayan Bakal Diganti Loh?

 

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) dalam waktu dekat ini akan mengganti semua alat tangkap nelayan yang biasa dipakai untuk mencari ikan. Adapun besaran jumlah nelayan yang bakal dapat bantuan tersebut sebanyak 250 nelayan yang sudah didata dan sudah ditinjau langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Penangkapan dan Pelayanan Usaha (P2U) DKP Berau, Ramli. Dikatakannya, untuk pengusulan sudah diajukan ke KKP dan tim yang dibentuk sudah meninjau lapangan. Terkait dengan hal itu, nanti di tahun ini sudah bisa direalisasikan.
 
“Bahkan kami juga melakukan kroscek ke lapangan untuk melakukan pendataan ke nelayan, baik itu pemeriksaan KTP dan kartu nelayannya. Kemudian mereka nanti bisa memilih 8 jenis alat tangkap sesuai dengan kebutuhan, yang tentunya alat tangkap ini ramah lingkungan," terangnya ketika ditemui beraunews.com, Senin (07/08/2017).
 
Menurut Ramli, di tahun 2017 program ini akan tuntas. Bahkan diperkirakan nanti akan datang dua kontainer, dan penyimpanan akan ditaruh di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sambaliung, yang kemudian secara berkelanjutan akan didistribusikan ke nelayan.
 
“Nanti tiap nelayan bakal mendapatkan 10 set alat tangkap yang dikemas dalam karung, untuk detailnya belum bisa kami kabari,” tambahnya.
 
Sedangkan tujuan dari penggantian alat tangkap nelayan ini, adalah untuk meminimalisir penggunaan bahan kimia dan racun dalam menangkap ikan. Selain itu, juga agar menjaga ekosistem laut tetap terjaga jika nelayan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.(bnc)
 
Wartawan: Rama Sihotang/Editor: Rita Amelia