Warga Biatan Harus Bersabar Setahun Lagi

BIATAN – Masalah sampah saat ini bukan hanya menjadi masalah klasik dalam kota. Tetapi hingga Kecamatan wilayah pesisir seperti Kecamatan Biatan. Masyarakat Biatan sejak lama menginginkan keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) namun hingga kini belum terealisasi pembangunannya. Padahal sudah ada lahan seluas 4,5 hektar yang disiapkan untuk TPA. Sayangnya pembangunan tersebut baru bisa terlaksana setidaknya tahun depan.

Menurut Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Berau, Yudha Budisantosa, pihaknya sudah menyiapkan program untuk mengatasi masalah sampah di Biatan, khususnya untuk pembangunan TPA, sudah dilakukan pembebasan lahan sejak tahun 2015 lalu. Lokasi pembangunan TPA ini disebutkan berada diperbatasan Kecamatan Biatan dan Talisayan.

“Untuk TPA Talisayan dan Biatan sudah tahun kemarin pembebasan lahan, tahun ini perencanaan dan semoga saja tahun depan pelaksanaan fisiknya jika anggarannya disetujui,” jelasnya kepada beraunews.com.
 
Dengan kata lain, pembangunan TPA ini nantinya untuk menampung produksi sampah dari Kecamatan Biatan dan Talisayan.

“Makanyanya kita cari lokasi yang berada diperbatasan 2 kecamatan ini,” sambung Yudha.

Tahun ini, dijelaskan masih dilakukan perencanaan pembangunan dengan menyiapkan segala hal yang diperlukan sesuai dengan aturan main yang ada. Dengan TPA seluas ini dipastikan akan cukup untuk menampung sampah masyarakat di 2 Kecamatan Pesisir ini. Tak hanya itu, untuk optimalisasi penanganan sampah disana, saat ini telah dibentuk Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) pelaksana kegiatan DKP untuk wilayah ini.

JIka tidak ada aral melintang, disebutkan Yudha pembangunan sudah bisa dilaksanakan tahun 2017 mendatang. Karena saat ini masih menunggu persetujuan anggaran tahun 2017.

“Jika sudah ada maka dipastikan tahun depan sudah bisa dibangun dan dimanfatkan untuk menangani sampah dua kecamatan ini,” pungkas Yudha.(asc)