Posting Foto Penyu “Terbang”, Pemuda Ini Banjir Hujatan

 

TANJUNG REDEB – Lagi, netizen kembali dibuat geram dengan perilaku salah seorang pemuda bernama Yudi Prawira alias yudiputrakaltim. Pasalnya, pemuda yang disinyalir merupakan warga Pulau Maratua, Kecamatan Maratua, dengan bangga memamerkan foto dirinya di media sosial bersama seekor penyu di pantai Pulau Maratua.

Bukan pujian yang didapatkan, pemuda tersebut justru dihujat atas perbuatannya yang diduga sengaja melempar seekor penyu ke arah atas hingga tampak seperti melayang. Tak hanya itu, pada foto tersebut juga disertakan keterangan foto yang dinilai netizen sangat tidak pantas.

“Aduhhh penyunya terbang ehh, gimana ini #pulaumaratuaisland,” tulisnya.

Foto berupa hasil screenshoot dari salah satu netizen tersebut kemudian diposting oleh akun instagram milik berauterkini pada Jumat (07/07/2017), yang juga disertai dengan imbauan kepada masyarakat luas untuk tidak mencontoh perbuatan pemuda tersebut dalam memperlakukan hewan dilindungi yang menjadi maskot Kabupaten Berau.

“Selamat berakhir pekan. Silahkan kalian menikmati keindahan alam yang ada, tetapi tolong jangan merusak apalagi mengganggu seperti yang nampak di foto. Kalian tahu penyu adalah ikon dari Kabupaten Berau. Harusnya kalian menghargai, menjaga, bukan malah kaya gini. Buat orang di foto ini, apa pendapat kalian?,” tulis akun berauterkini, yang kemudian menuai ratusan komentar dari netizen lainnya.

“Perlu dididik dan diberi sanksi orangnya supaya tidak mengulangi perbuatannya dan jadi pelajaran buat orang lain agar tidak berbuat sesuka hati. Kalau perlu dia yang diterbangkan atau tenggelamkan,” tulis akun gemah_ripah_loh_jenawi.

“Padahal umur penyu itu bisa jadi lebih tua dari dia,” tulis akun uya_suriyadi.

“Dia pikir begitu keren,” tulis akun adii_ck.

Mendapati komentar netizen yang geram padanya, pemuda dengan akun prawira1111 tersebut kemudian menjelaskan dan meminta maaf pada publik terkait foto penyu tersebut. Menurutnya, penyu di foto tersebut ialah penyu yang telah mati yang ia dapatkan. Meski begitu, banyak netizen yang tetap menyayangkan perbuatannya.

“Maaf bukan yang seperti anda bayangkan. Itu penyu sudah mati yang saya dapat atau tidak bernyawa lagi,” tulisnya pada kolom komentar foto tersebut.

“Setidaknya ada caption yang menerangkan agar tidak terjadi salah paham. Karena jika orang awam saja melihat fotomu itu sudah pasti pikiran pertama yang muncul adalah kamu menyiksa satwa langka itu. Namun walaupun penyu tersebut sudah mati tidak mengharuskan kita atau siapa pun untuk membuatnya menjadi sebuah mainan seperti itu. Terima kasih dan mungkin foto-foto yang mempunyai unsur yang sama bisa kamu hapus saja,” tulis akun zhellma_barbharha mengingatkan pemuda tersebut agar tidak mengulangi perbuatannya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia