Pengelolaan Alam yang Buruk dan Murka Tuhan, Bukan Dua Hal Terpisah

 

TANJUNG REDEB – 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Bukan tanpa alasan, ditetapkannya Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal tersebut seperti yang dituliskan laman facebook Forum Hijau Indonesia, bertepatan dengan Konferensi PBB tentang hari lingkungan dimulai, yakni pada 5 hingga 16 Juni tahun 1972.

Adapun makna Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut diperingati untuk menciptakan dan menumbuhkan kesadaran atas masalah lingkungan hidup yang dihadapi seluruh negara atau di dunia.

Banyak hal yang biasa dilakukan masyarakat untuk memperingati hari tersebut, mulai dari mengkampanyekan agar menjaga keseimbangan lingkungan hingga ekosistem yang mendiaminya. Ada pula yang melakukan advokasi terkait dengan permasalahan lingkungan yang sedang terjadi.

Tak lepas dari itu, banyak pula netizen yang kemudian beramai-ramai mengunggah ucapan selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia di akun facebook, twitter, instagram dan akun media sosial lainnya.

Seperti yang diunggah oleh pegiat lingkungan Saiful Rahman di akun facebooknya.

"Happy World Environment Day! Protecting Nature Preserving Life (Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia ! Lindungi alam lestarikan kehidupan)," tulisnya.

"Selamat menjaga lingkungan yang lebih baik. Dari hal yang paling sederhana Berdampak besar," tulis akun Shintia Arum.

 

"Menurut Undang-Undang Nomor 32/2009, lingkungan hidup diartikan sebagai kesatuan ruang semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan hidup dan kesejahteraan makhluk hidup itu sendiri. Sahabat, selamat Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2017. Mari terus tanamkan kesadaraan akan pentingnya keseimbangan alam terhadap kelangsungan hidup bersama," tulis akun Lely Ayu Lestari.

"Selamat hari lingkungan hidup saudaraku semua, semoga kita semua selalu bisa menjaga dan melestarikan ruang lingkungan ini agar kita terhindar dari segala penyakit," tulis akun Iqbal Naharuddin.

"Pengelolaan alam yang buruk dan murka Tuhan bukan merupakan dua hal yang terpisah, tetapi dua hal yang dihubungkan dengan sebab akibat. Artinya, setiap pelanggaran yang kita lakukan menyebabkan kerugian bagi kita sendiri. Semakin besar pelanggaran yang dilakukan, semakin besar kerugian yang akan datang. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia," tulis akun Denni Hamdani.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia