Cuaca Buruk Datang, BPBD Minta Masyarakat Waspada

 

TANJUNG REDEB – Mengantisipasi terjadinya cuaca buruk di Kabupaten Berau,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Rismansyah, mulai mewanti-wanti masyarakat untuk siap siaga atau waspada dengan terjadinya bencana. Baik saat berada di luar rumah maupun di dalam rumah.

Selain masyarakat yang tinggal di pemukiman yang rawan banjir, daerah yang rawan longsor juga menjadi salah satu titik yang harus diwaspadai. Pasalnya, di beberapa wilayah masih ada area yang rawan terjadi longsor.

"Banjir yang sampai memasuki rumah bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Sengatan listrik saat banjir sudah pernah terjadi dan banyak contoh kasus  serupa," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (01/06/2017).

Untuk menghindari kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan saat banjir, masyakarat diminta untuk tidak menempatkan terminal kabel listrik di lantai, atau di tempat yang terlalu rendah.

Antisipasi lain juga diingatkan untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar terutama yang berada di kawasan tebing, di bawah dataran tinggi yang memungkinkan terjadi longsor ataupun yang berada di pinggir sungai.

"Terkait titik jalan yang rawan tertimbun longsoran seperti jalan Labanan-Kecamatan Kelay adalah kawasan yang menurutnya penting untuk diwaspadai. Mengingat ada beberapa kali kejadian jalan yang tertutup total oleh sedimen tanah longsor," tambahnya.

Selain itu jelang arus mudik ini, masyarakat diharapkan terus mencari informasi perkembangan daerah atau arus lalu lintas yang akan dilalui. Sehingga bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

"Saat mudik tak menutup kemungkinan banyak wilayah yang rawan longsor, jadi kalau bisa cari tahu perkembangan di daerah, apakah aman dilewati atau tidak," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia