Foto Profil Facebook Netizen Ini Bikin Geram

 

TANJUNG REDEB – Lagi-lagi, ulah seorang netizen membuat geram netizen lainnya. Pasalnya, netizen tersebut mengunggah dan menjadikan foto tersebut sebagai foto utama di media sosial facebook miliknya, yakni foto dirinya sedang menduduki seekor penyu hijau.

Sontak, foto tersebut dikritik karena dinilai tidak menghargai dan menyiksa biota laut yang dilindungi pemerintah. Foto tersebut juga kemudian dibagikan oleh beberapa netizen lain dengan menyertakan kalimat yang cukup memukul. Seperti yang dituliskan akun W Dewi Handayani, yang bernada kritikan tajam kepada pemilik akun yang mengunggah foto tersebut.

"Sehat pak? (Maaf sarkas tapi perlu).”

Foto keren itu alam, keindahan, hal yang perlu diperhatikan, prestasi, pencapaian positif dan seterusnya. Bukan menduduki penyu hijau yang jelas-jelas dilindungi. Coba dipikir si penyu lagi mau mengeluarkan telur atau habis bertelur masih menahan sakit, terus diduduki.Kalau sudah pernah lihat penyu bertelur langsung, pasti kebayang gimana, sudah seperti manusia napas setengah-setengah, keluarin air mata belum lagi kelelahan. Yang kenal bisa tolong diingatkan atau ditegur, dinasehati. Yuk jadi wisatawan cerdas," tulisnya pada Jumat (05/05/2017), sekitar pukul 21.08 Wita, dengan menyertakan foto dari netizen tersebut.

Netizen lain yang geram, turut melontarkan kritikannya terhadap foto tersebut.

"Mohon untuk tidak mencontoh hal ini. Berwisatalah dengan baik dengan alam dan jaga ekosistemnya," tulis akun Haris Wijaya.

Bahkan, Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Berau, Yunda Zuliarsih, turut memberikan kritikan atas tindakan netizen tersebut.

"Inilah perlunya informasi dan sosialisasi bagaimana berinteraksi dengan penyu dan biota dilindungi lainnya,baik melalui media informasi, komonikasi, baleho, dan lain-lain. Dan itu adalah kewajiban kita semua, bisa jadi bapak ini tidak tahu, pura-pura tidak tahu atau tidak mau tahu," tulisnya.

Belum diketahui secara pasti dimana lokasi pengambilan gambar pada foto tersebut. Namun hal tersebut cukup banyak menyita perhatian netizen, yang kemudian mendorong pemilik foto menghapus foto tersebut serta menyampaikan permohonan maafnya.

"Assalamuallaikum wr wb. Saya atas nama pribadi mohon maaf atas kejadian foto tersebut, tidak ada maksud menghina apa lagi menyiksa. Sekali lagi mohon maaf atas kelalaian saya terima kasih," tulis akun Djamal Ade, Sabtu (06/05/2017).(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia