Lahan Memadai, Sektor Pertanian di Berau Perlu Dimaksimalkan

 

TANJUNG REDEB – Selain sektor pertambangan dan pariwisata, sektor pertanian dikatakan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, merupakan sektor yang cukup banyak menyumbangkan pendapatan terhadap daerah di Indonesia. Hal itu diungkapkannya setelah mengutip pernyataan dari Kementerian Pertanian.

Hal itu disampaikannya beberapa waktu lalu saat menghadiri acara lokakarya dari sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang membidangi pertanian.

"Bukan cuma pertambangan dan pariwisata sektor yang menyumbangkan pendapatannya ke daerah, tapi juga pertanian. Ini sangat baik," ujarnya.

Menurutnya, Berau memiliki lahan pertanian yang cukup besar dan memadai untuk sektor pertanian. Mulai dari padi, jagung, hingga lada. Sehingga hal itu dapat lebih menunjang keberhasilan sektor pertanian dalam berkontribusi pada penghasilan daerah. Namun kontribusi sektor pertanian pada penghasilan daerah masih minim.

"Nah, seperti kita di Berau ini kan lahan pertaniannya masih cukup baik. Dan sudah sepatutnya kalau punya lahan yang lebih baik ketimbang di daerah lain yang notabenenya bisa menyumbang lebih besar, namun faktanya tidak demikian," ucapnya.

Untuk memaksimalkan pendapatan dari sektor pertanian tersebut, ia berharap setiap lembaga yang berkaitan dengan sektor pertanian dapat lebih menggali potensi pertanian. Sebagai bagian dari Pemkab, ia juga berusaha untuk dapat memanfaatkan kemampuan pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang terorganisir dalam lingkungan Pemkab, untuk mengarahkan kemampuannya kepada para petani yang ada di Berau.

"Kita harus maksimalkan lagi sektor pertanian di Berau. Kalau bisa dari sektor inilah kita lebih meningkatkan pendapatan daerah kita. Apalagi banyak lembaga ataupun yayasan dan tenaga ahli yang terkumpul di lembaga Pemkab, kita bisa manfaatkan," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia