Dukung Pertanian Berkelanjutan, Bupati Akan Sinergikan dengan Program Pemkab

 

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram, mendukung penuh program pertanian ramah lingkungan yang dilakukan beberapa petani yang tersebar di sejumlah kampung.

Pertanian ramah lingkungan yang dimaksud yakni meninggalkan metode pemupukan menggunakan bahan kimia dengan beralih kepada metode pemupukan menggunakan kompos alami alias buatan sendiri.

Dikatakannya, hal tersebut sejalan dengan program Pemkab untuk membangun ekonomi pedesaan permanen. Bukan hanya menurunkan biaya produksi, hal tersebut juga dianggap dapat berkesinambungan dan menguntungkan petani sebagai pelaku ekonomi selanjutnya.

“Kami merasa terbantu dengan yang dilakukan petani lada dan kakao saat ini, mereka telah menerapkan sistem pertanian yang berkelanjutan. Ini akan sinergi dengan program Pemkab untuk mengembangkan ekonomi permanen bagi masyarakat kampung,” jelasnya saat menghadiri kegiatan lokakarya pertanian oleh salah satu LSM, di Kantor Bappeda, Kamis (06/04/2017).

Untuk melanjutkan apa yang dilakukan para petani tersebut, ia juga meminta kepada para instansi terkait untuk menanggapi serius apa yang dilakukan petani. Sebab saat ini banyak petani yang mengaku lebih baik dengan meninggalkan cara bertani mereka yang lama.

“Tinggal kita berbagi peran saja. Instansi mana-mana saja yang terkait dengan pertanian ini mesti serius menanggapi dan mendukung yang dilakukan petani kita saat ini. Jangan sampai karena tidak ada dukungan nyata dari kita, apa yang mereka lakukan jadi sampai di sini saja,” ujarnya.

Ia juga meminta agar para petani yang telah sukses dalam menerapkan metode pertanian berkelanjutan pada lahan mereka untuk dapat menularkan ilmu pertanian yang dimilikinya kepada para petani lain.

“Ada beberapa langkah yang dapat menjadikan seorang petani sukses. Mereka memilih bibit yang berkualitas bagu, lahan yang sesuai, ilmu yang memadai dan diperhatikan oleh Pemkab. Ini semua harus dimiliki petani kita agar bisa jadi petani yang bukan sekadar petani,” ucapnya.

Untuk pangsa pasar, ia juga berjanji untuk terus melaksanakan tugas sebagai seorang bapak investor yang dapat memberikan manfaat kepada para petani.

“Kita juga akan terus berusaha mencarikan kemana produk mereka ini akan dipasarkan, tidak mungkin kita berdiam diri saja demi kesejahteraan para petani kita,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia