Cuaca Ekstrim, Hati-Hati Pohon Tumbang

 

TANJUNG REDEB – Hampir seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali Kabupaten Berau, akan dilanda hujan lebat selama 3 hari ke depan, yakni antara tanggal 17 Juni hingga 20 Juni 2016. Akibatnya sejumlah ancaman serius menghantui masyarakat, seperti banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang. Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Berau, Sulam Khilmi.

Selama berlangsungnya cuaca ekstrim tersebut, masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Selain menjaga kestabilan metabolisme tubuh, kita juga harus mewaspadai beberapa hal yang bisa terjadi secara tiba-tiba. Seperti pohon tumbang yang terjadi di kawasan Jalan KH. Dewantara, Kecamatan Tanjung Redeb. Pohon ini tumbang saat berlangsungya hujan disertai angin kencang, Senin (20/6/16) malam tadi.

Selain menutupi badan jalan, pohon tumbang ini juga menimpa kabel listrik PLN yang ada di kawasan tersebut. Beruntung kejadian tersebut tidak mengganggu aliran listrik serta tidak memakan korban. Menurut keterangan warga sekitar, saat kejadian kebetulan suasana lagi sepi.

“Saat hujan turun tiba-tiba pohonya tumbang, tapi beruntunglah tidak ada yang tertimpa karena kebetulan jalanya sepi. Semoga petugas segera mengevakuasi pohon itu. Kan hanya berjaral beberapa meter dari Dinas Kebersihan,” ujar pedagang kripik yang enggan disebutkan namanya itu.

Akibat kejadian ini, pemerintah daerah melalui instansi terkait diharapkan melakukan pengecekan terhadap kondisi pohon di jalan sebagai upaya untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan. Selain itu, seluruh warga diimbau untuk memeriksa kondisi pohon di sekitar rumah untuk menghindari kejadian serupa.(ea)