Tak Miliki TPA, Biatan “Banjir” Sampah

 

BIATAN – Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang tak dimiliki Kecamatan Biatan, dianggap sebagai penyebap banyaknya sampah berserakan, baik dilahan kosong milik warga maupun bantaran sungai Lempake. Gundukan sampah yang menumpuk dipinggir jalan dan bantaran sungai Lempake, bahkan sudah sangat meresahkan, baik secara kesehatan maupun estetikanya.

Kepala Kampung Biatan Lempake, Andi Mulyadi menyayangkan perilaku sebagaian warganya yang selalu membuang sampah sembarangan.

“Saya sebenarnya sudah berulang kali mengimbau warga baik secara langsung maupun melalui Ketua RT, agar warga tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya kepada beraunews.com, Senin (20/6/2016).

Dikatakannya, sebenarnya dirinya juga pernah mengusulkan pengadaan TPA melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), agar menjadi perhatian instansi terkait. Sehingga, permasalahaan sampah ini dapat segera diatasi dan tidak berdampak, baik secara kesehatan maupun bencana alam dimasa yang akan datang.

“Melalui Musrenbang pernah saya usulkan permasalahan ini, agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan,” tutupnya.(asc)