Pohon Kelapa Tumbang di Biduk-Biduk Timpa Pengendara

 

BIDUK-BIDUK – Angin kencang melanda Kampung Biduk-Biduk Kecamatan Biduk-Biduk. Akibat cuaca buruk tersebut, salah satu pohon kelapa tumbang dan menimpa jaringan listrik PLN. Tidak hanya itu, pohon kelapa juga melukai sejumlah pengendara yang melintas di wilayah tersebut.

Camat Biduk-Biduk Syafri mengatakan, angin kencang sudah beberapa hari ini terjadi. Namun, yang cukup parah terjadi Selasa (14/02/2017) sekitar pukul 09.00 Wita, yang berakibat satu pohon kelapa tumbang ke arah jaringan listrik. Sehingga merusak jaringan listrik yang ada di sekitar pohon kelapa itu.

Lebih lanjut disampaikan mantan Camat Segah ini, buruknya cuaca ternyata berlanjut hingga sore hari. Setidaknya, angin kencang mengakibatkan pohon kelapa tumbang. Selain sempat mengganggu arus lalulintas, juga melukai pengendara sepeda motor.

“Satu orang pengendara sepeda motor terluka akibat kendaraannya ditimpa pohon kelapa. Sementara itu, jaringan listrik yang rusak juga langsung diperbaiki oleh pihak PLN setempat,” bebernya.

 

Buruknya cuaca, ditambahkannya tidak hanya terjadi saat pagi hari. Saat sore hari, tepatnya sekitar pukul 05.00 Wita, pohon kelapa kembali tumbang di sekitar Kampung Biduk-Biduk. Kali ini, pohon tersebut menimpa sebuah mobil yang sedang melintas.

“Informasinya korban jiwa tidak ada, semua penumpang hanya mengalami luka ringan. Tapi kondisi mobilnya rusak cukup berat,” bebernya.

Sementara itu, Kapolsek Biduk-Biduk AKP Suradi mengatakan, sebelum tumbangnya pohon kelapa, sebuah mobil Avanza KT 1832 GB melintas di jalan raya dari arah Tanjung Perepat Kecamatan Biduk-Biduk menuju Kampung Biduk-Biduk, tepatnya di RT 02 Kampung Biduk-Biduk, tiba-tiba sebuah pohon kelapa tumbang disebabkan angin kencang dan menimpa mobil tersebut.

“Tiga penumpang termasuk pengemudinya selamat, dan hanya mengalami luka ringan,” ungkapnya.

 

Cuaca buruk di wilayah Biduk-Biduk sudah terjadi beberapa hari. Namun, yang cukup parah bahkan sampai mengakibatkan korban tertimpa pohon tumbang baru terjadi. Menurutnya, masyarakat perlu berhati-hati dengan kondisi cuaca saat ini. Sebab, tidak hanya angin kencang saja, gelombang laut juga diperkirakan lebih tinggi dari biasanya.

"Untuk para nelayan agar selalu berhati-hati apabila akan melaut. Karena saat ini, angin kencang, dan gelombang besar. Masyarakat Biduk-Biduk juga agar selalu waspada terhadap bahaya kerebahan pohon kelapa," imbaunya.

 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Berau Berau, Sulam Khilmi menyampaikan, saat ini cuaca di wilayah Biduk-Biduk bisa dikatakan cukup buruk. Hanya, pihaknya belum mengetahui sampai kapan cuaca tersebut akan terus berlangsung.

“Cuaca di sekitar wilayah Biduk-Biduk hari ini, angin bertiup dari utara dengan kecepatan maksimal mencapai 30 knot, sementara tinggi gelombang mencapai 2,5 meter. Cuaca ini seperti ini juga akan terjadi Rabu (15/02/2017) besok. Untuk cuaca lusa (Kamis-red) besok akan kita pantau prediksinya besok,” jelasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia