Tukik di Rumah Makan Biduk-Biduk Sudah Dilepaskan

 

BIDUK-BIDUK – Mendapat informasi terkait adanya salah satu rumah makan yang memelihara anak penyu (Tukik), Kapolsek Biduk-Biduk, AKP Suradi bersama jajaran Polsek Biduk-Biduk langsung melakukan pengamanan terhadap Tukik tersebut sekitar pukul 08.30 Wita, Rabu (08/02/2017) pagi.

AKP Suradi mengatakan, setelah mendapat informasi tersebut pihaknya langsung mengamankan 3 ekor Tukik tersebut dengan didampingi Camat Biduk-Biduk, Syafri. Selanjutnya, Tukik tersebut dilepaskan.

"Setelah saya dapat informasi dari media online, saya langsung lakukan penyelidikan dan selanjutnya mengamankan," ungkapnya kepada beraunews.com.

 

Ditambahkannya, dari pengakuan warga yang memelihara Tukik tersebut, diketahui tukik tersebut mereka dapatkan dari nelayan yang sedang melaut dan selanjutnya mereka pelihara. Setelah cukup besar, Tukik tersebut rencananya akan mereka lepaskan.

"Ngakunya dapat dari nelayan dan hanya mau dipelihara. Sebelumnya ada 6 ekor, tetapi 3 ekor sudah dilepas, dan ini juga rencananya akan dilepas setelah besar," ucapnya.

BACA JUGA : Buset... Salah Satu Rumah Makan di Biduk-Biduk Pelihara Tukik

Terkait kasus ini, Suradi sudah melakukan interogasi kepada pelaku yang memelihara tukik tersebut. Selanjutnya, Polisi bersama Camat melakukan pelepasan Tukik ke laut guna mengembalikan ke habitatnya.

 

"Kami juga mengimbau agar masyarakat khususnya di Kecamatan Biduk-Biduk agar tidak memelihara Tukik. Jika pun nelayan menemukan saat melaut diharapkan untuk dilepas kembali ke laut, jika tidak maka akan berhadapan dengan hukum," tuturnya

Sementara itu, Kurnia Sandi, salah satu anak pemilik rumah makan mengaku jika Tukik yang ada memang sengaja dirawat, tetapi tanpa maksud apapun, untuk kemudian dilepaskan jika sudah cukup besar.

“Ada separuh Tukik yang kami sudah lepaskan, kini semua sudah dilepaskan,” tegasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia