Cuaca Buruk, 2 Pesawat Sempat Gagal Mendarat

 

TANJUNG REDEB – Cuaca buruk yang terjadi sejak Rabu (25/01/2017) pagi membuat jadwal penerbangan di Bandara Kalimarau terganggu. Hujan deras disertai angin kencang ini mengharuskan pesawat yang akan mendarat atau landing terpaksa berputar balik.

Informasi yang diterima dari Lembanga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Cabang Pembantu Berau, kondisi cuaca yang buruk ini terjadi mulai pagi sekitar pukul 08.00 Wita. Akibat hujan deras yang mengguyur Bumi Batiwakkal, membuat visibility atau jarak pandang hanya 400 meter saja. Sementara jarak aman yang diperbolehkan dalam pendaratan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan adalah 3.500 meter.

“Itu merupakan ambang batas yang aman kalau mau landing. Karena ini di bawah 3,5 kilometer, jadi tidak diperbolehkan,” jelas Vice Perum LPPNPI Cabang Pembantu Berau M Iwan, saat dihubungi beraunews.com melalui telepon genggamnya.

Ia menjelaskan, ada dua pesawat yang seharusnya mendarat sesuai jadwal yang telah ditetapkan sekitar pukul 9.30 Wita, yaitu Wings Air dan Garuda Indonesia. Namun karena cuaca buruk, terpaksa dua pesawat tersebut harus putar balik ke Bandara Sepinggan Balikpapan. Sementara untuk pesawat Sriwijaya Air yang akan berangkat dengan tujuan Balikpapan, tidak terpengaruh dengan jarak pandang ini.

“Kalau untuk yang terbang bisa saja, tapi dilihat juga kondisi di tempat tujuannya. Kalau memang buruk juga, maka tidak bisa terbang. Tapi karena kondisi di Balikpapan cukup bagus, maka Sriwijaya ini bisa berangkat,” jelas Iwan.

Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak pengelola di Bandara Balikpapan terkait kondisi cuaca di Berau. Jika memang keadaan sudah normal kembali akan segera diberikan informasi ke sana.

“Tadi pukul 10.21 Wita, jarak pandang sempat 1,4 Km, tapi kembali lagi menjadi 400 meter pukul 10.34 Wita. Jadi belum bisa kita infokan ke Balikpapan, tunggu normal dan hujan reda agar benar-benar aman,” pungkas Iwan.

Informasi terakhir yang diperoleh di lapangan, pesawat yang harusnya dijadwalkan mendarat sejak sore tadi lantaran terkendala cuaca, dan harus berputar balik, kini sudah mendarat di Bandar Udara Kalimarau, meskipun lewat dari jadwal seharusnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia