Masalah MCK Keluarga Tidak Mampu Sudah Teratasi

 

TANJUNG REDEB – Dalam mewujudkan Gerakan Nasional Ayo Kerja 71 Tahun Indonesia Merdeka, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di seluruh Indonesia memiliki program dalam menyasar masyarakat menengah ke bawah. Salah satu program prioritas yang kini tengah digalakkan adalah pengadaan fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) untuk keluarga tidak mampu, khususnya di Kabupaten Berau.

Jumat (20/01/2017), bertempat di Pendopo Kelurahan Gunung Panjang, dilakukan penyerahan bantuan 50 sarana MCK kepada masyarakat kelurahan. Dalam kegiatan itu, selain dihadiri oleh Lurah Gunung Panjang, Andi Kaharuddin, hadir juga Kepala Dinas Sosial Kabupaten Berau Rohaini yang diwakili oleh Sekretarisnya Ramli, Camat Gunung Tabur dan Tanjung Redeb, Lurah Gunung Tabur, Gunung Panjang, Karang Ambon dan masyarakat penerima bantuan MCK.

Senior Manager PT HK, Izzan Zubair mengatakan, dalam mewujudkan program tersebut, pihaknya telah mengantongi data rumah-rumah warga di Berau yang belum mempunyai MCK layak pakai.

"Untuk Berau ada 4 kelurahan yang telah kami kantongi data rumah, dengan biaya per unit Rp8,6 juta," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pekerjaan MCK kali ini akan memiliki standarisasi pekerjaan yang sama. Yakni meliputi pekerjaan septic tank, dinding, lantai keramik, sanitasi (pipa, kran, WC jongkok) dan atap. Bantuan MCK tersebut juga meliputi empat kelurahan. Yakni Kelurahan Gunung Panjang, Gayam, Gunung Tabur dan Karang Ambun.

"Desember tahun lalu pekerjaan pembuatan MCK sudah terealisasi sebanyak 50 unit, dan hari ini kita lakukan serah terima kepada pemilik masing-masing," bebernya.

Di tempat yang sama, Lurah Gunung Panjang, Andi Kaharudin mengapresiasi hal tersebut. Disamping itu, pihaknya berterimakasih kepada pihak BUMN, karena sebagian permasalahan warganya terkait MCK sudah sebagian terpenuhi. Dengan adanya bantuan itu, warganya semakin tidak lagi mengalami kesulitan dalam melakukan MCK.

"Kita berterimakasih dengan adanya bantuan ini. Karena ini juga sudah cukup lama diharapkan warga kami. Harapan kami, apa yang telah diberikan ini, dijaga dan dirawat dengan baik," katanya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia