Heboh, Kemunculan Buaya di Sungai Bakil Jadi Tontonan Warga

 

TALISAYAN – Jembatan Sei Sungai Bakil yang berada di Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan mendadak ramai dipadati pengendara roda dua maupun roda empat. Pasalnya, seekor buaya sepanjang kurang lebih 3 meter yang merupakan ‘penunggu’ sungai tersebut kembali menampakkan diri di sekitar jembatan.

Tak sedikit dari warga yang melihat fenomena tersebut menunjukkan berbagai reaksi ketakutan saat melihat kemunculan buaya itu.

"Buayanya besar, ngeri," celetuk seorang pengendara yang saat itu ikut mengabadikan kemunculan buaya tersebut.

Berdasarkan informasi warga setempat, di sungai tersebut memang banyak dihuni oleh salah satu reptil tertua di muka bumi itu. Bahkan, buaya dengan ukuran berbeda juga kerap menampakkan diri dan berenang seolah sedang mencari mangsa di sekitar jembatan.

"Biasanya memang sering muncul (buaya-red) disini," ujar aziz warga setempat kepada beraunews.com, Jumat (30/12/2016).

Buaya yang muncul tersebut lanjut dia, masih tergolong kecil. Sebab, masih banyak buaya besar lain yang masih belum muncul kepermukaan.

"Ada yang besar lagi muncul, kalau kita perkirakan besarnya sekitar 4 sampai 5 meter. Tapi buaya itu jarang muncul," bebernya.

Kendati demikian, meski di sungai tersebut kerap terlihat sejumlah ‘monster air’, namun diakuinya, predator tersebut belum pernah mengganggu ataupun memangsa manusia. Bahkan disebutkannya, dari lokasi kemunculan buaya tersebut, kurang lebih 150 meter, masyarakat kerap melakukan aktivitas mandi dan mencuci.

"Sejauh ini, buayanya belum ada mengganggu. Kalau pun ada yang dimangsanya, itu paling anjing, kalau manusia belum pernah terjadi. Yang penting warga yang berada di sekitar sungai lebih hati-hati saja, serta keberadaan buaya-buaya ini jangan diganggu," pungkasnya.(Hendra Irawan)