Perayaan Natal di Wilayah Pesisir Selatan Berau Berlangsung Kondusif

 

TALISAYAN – Menjelang perayaan natal dan tahun baru 2017, Polsek Talisayan mulai memperketat pengamanan maupun penjagaan di sejumlah tempat ibadah atau gereja yang berada di wilayah hukumnya.

Berdasarkan pantauan beraunews.com, sejak Sabtu (24/12/2016) malam hingga Minggu (25/12/2016) pagi pukul 07.00 Wita, tampak sejumlah personil kepolisian menjaga sejumlah gereja yang ada di wilayah Talisayan.
 
Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid mengatakan, dirinya memerintahkan dan menurunkan nyaris seluruh personil Polsek Talisayan untuk melakukan pengamanan ditiap gereja yang ada di wilayah hukumnya.

“Kami melakukan pengamanan disetiap gereja yang mulai melaksanakan ibadah keagamaan. Dari persiapan hingga perayaan natal,” katanya kepada beraunews.com, Minggu (25/12/2016).

Setidaknya, dalam pengamanan tersebut, ada dua lokasi yang menjadi fokus penjagaan pengamanan, yakni gereja di Kampung Sumber Mulya, dan Kampung Suka Murya.

“Karena, kedua lokasi ini melaksanakan ibadah gabungan dari jemaat yang berada di Kecamatan Talisayan dan sekitarnya. Jadi kami perketat penjagaan di lokasi tersebut,” bebernya.

 

Ia menjelaskan, pengaman gereja tersebut dilakukan untuk menjaga terjadinya aksi terorisme, serta aksi kejahatan lain yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban (Kantibmas) saat berlangsungnya kegiatan natal. Sebab kata dia, saat ini intensitas jemaah nasrani lebih meningkat dari hari-hari biasanya.

“Alhamdulillah, kegiatan pada hari ini berjalan dengan kondusif. Namun, kami tetap akan melakukan pengawasan, dan pemantauan untuk mempersempit ruang gerak para pelaku yang dapat menganggu Kantibmas,” bebernya.

Selain Polsek Talisayan, hal serupa juga dilaksanakan Polsek Tabalar yang juga melakukan penjagaan, dan pengamanan di sepuluh lokasi tempat peribadatan umat nasrani di Kecamatan Tabalar. Kapolsek Tabalar, AKP Sarwandi mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan tidak hanya di halaman gereja saja. Melainkan, dilakukan secara menyeluruh, mulai dari pintu masuk hingga jalan depan gereja, tak luput dari pengawasan polisi.

“Saya bersama anggota dari Polsek Talisayan, juga melakukan patroli ke gereja-gereja yang ada di Kecamatan Tabalar untuk mengamankan jalannya natal,” ungkapnya.

 

Disamping itu, dirinya mengimbau, dan mengingatkan para jamaat agar tetap waspada terhadap setiap pendatang asing, atau orang tidak dikenal yang datang ke gereja ketika pelaksanaan ibadah. Dirinya pun meminta kepada masyarakat, jika ada mendapati hal yang mencurigakan atau menjadi korban kejahatan segera melaporkan hal tersebut ke polisi setempat.

“Upaya-upaya ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan peribadatan, dan perayaan natal. Sedangkan proses penjagaan dan pengamanan pada hari natal berjalan dengan aman dan kondusif,” tandasnya.(Hendra Irawan)