Hujan Deras di Hulu Sungai, Tepian Buah dan Gunung Sari Terendam Banjir

 

SEGAH – Hujan deras yang mengguyur di hulu sungai Kecamatan Segah mengakibatkan Sungai Segah meluap, hingga menggenangi pemukiman warga Kampung Tepian Buah dan Kampung Gunung Sari. Selain menggenangi rumah warga, banjir juga menimpa SDN 003, akibatnya pihak sekolah terpaksa meliburkan aktivitas belajar mengajar.

Camat Segah, Syafri yang dikonfirmasi beraunews.com mengatakan, banjir luapan Sungai Segah ini terjadi usai hujan deras dengan intesitas cukup tinggi sejak Selasa (6/12/2016) dini hari mengguyur sejumlah wilayah di hulu sungai Segah.

“Dari tengah malam diguyur hujan deras di hulu sungai, jadi begitu pagi hujan reda, air sungai meluap karena dapat kiriman dari hulu itu. Sekolah terpakasa diliburkan karena ruangannya terendam banjir setinggi 40 centimeter,” ujarnya.

Selain menyebabkan aktivitas belajar mengajar terganggu, banjir juga menggenangi sejumlah lahan perkebunan dan pertanian milik warga. Akibatnya, tanaman milik warga terancam membusuk.

“Perkebunan warga ikut terendam, banyak tanaman warga yang baru berbuah pasti busuk karena terendam banjir ini. Selain itu, Kantor Lurah disini juga ikut terendam, akibatnya pelayanan kepada masyarakat juga ikut terganggu,” tambahnya

Meski tak berlangsung lama, namun diperkirakan banjir luapan Sungai Segah ini akan terus berlangsung selama musim penghujan saat ini.

“Saya mengimbau warga agar lebih waspada, meski ini sudah biasa terjadi ketika musim hujan, tetapi harus tetap waspada karena hujan turun tidak bisa diprediksi,” tutupnya.(M.S. Zuhrie)