Buang Nahas Meriah, Tapi Sayang Minim Tong Sampah

 

TALISAYAN – Acara puncak buang nahas atau tolak bala di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan, Rabu (30/11/2016) pukul 09.00 Wita berlangsung meriah. Namun sangat disayangkan, keramaian tersebut tidak diimbangi dengan tempat pembuangan sampah disekitar area acara buang nahas. Padahal, tidak sedikit sampah yang dihasilkan oleh pengunjung yang datang. Akibatnya, tak sedikit masayarakat terpaksa membuang sampah disembarang tempat.

Dari pantauan beraunews.com di lokasi kegiatan, terlihat di sejumlah titik, ada saja tumpukan sampah menggunung dan terlihat berserakan di sekitar area perayaan adat tersebut. Baik itu sampah plastik, hingga sampah bekas makanan terlihat berhamburan di tepi pantai.

Seperti yang disampaikan Ahmad Junaidi, salah satu pengujung dari Kecamatan Biatan, yang sangat menyangkan acara sebesar ini tidak difasilitasi tempat sampah disekitar lokasi perayaan.

"Ini kan acara besar, setidaknya disediakan tempat sampah dan petugas kebersihannya. Paling tidak mengurangi sampah yang ada disekitar lokasi buang nahas. Apalagi ini kan juga merupakan lokasi wisata. Jelas soal sampah ini perlu jadi perhatian serius," ujarnya kepada beraunews.com.

BACA JUGA : Perayaan Puncak Buang Nahas Digelar Meriah

Sementara itu, Ismail pengunjung lainnya mengungkapkan hal senada. Ia mengatakan, sebagai wilayah pariwisata yang kerap mengeksplorasi potensi-potensi wisata dan kebudayaan, sudah seharusnya soal sampah dan kebersihan menjadi prioritas utama.

Disisi lain, terkait dengan acara ritual buang nahas tersebut, dirinya sangat mengapresiasi acara tersebut. Bahkan, setidaknya masyarakat yang berada di luar Talisayan dapat mengenal kebudayaan atau tradisi buang nahas yang dilaksanakan setiap setahun sekali itu,

"Sangat menarik. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi," pungkasnya.(Hendra Irawan)