Sampah Makin Menjadi, Warga Pulau Derawan Bertindak

PULAU DERAWAN – Permasalahan sampah di Pulau Derawan menjadi perhatian banyak orang, salah satunya Saifullah, warga setempat. Ia membentuk Kumpulan Anak Peduli Pantai, yang beranggotakan siswa siswi SDN 001 Pulau Derawan.

“Perkumpulan ini kami dirikan tanggal 23 Mei 2016 atas kesadaran sendiri tentang kebersihan lingkungan. Tujuan didirikannya perkumpulan ini untuk membebaskan Pulau Derawan dari persolan sampah,” ujar Saifullah saat berbincang dengan beraunews.com.

Dikatakannya, sejak berdirinya perkumpulan ini, setiap minggunya, 45 orang anggota perkumpulan aktif berpatroli guna memungut sampah yang ada di kawasan wisata itu.

“Kami melakukan kegiatan rutin di setiap hari minggu, mulai pukul 08.00 pagi hingga selesai. Kami berjalan di sepanjang pantai dan permukiman warga, hanya dengan satu tujuan, yaitu memungut, membersihkan dan menumpuk sampah. Kami berharap dengan adanya penumpukan sampah ini, pemerintah daerah ataupun pihak lainnya mau mengelola sampah-sampah itu, sebab tidak mungkin sampah-sampah ini terus menerus dibiarkan menumpuk di sini (Pulau Derawan-red),” ucapnya.

Keberadaan dan aktivitas Kumpulan Anak Peduli Pantai ini dalam sekejap mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Ismail, Kepala Sekolah SDN 001 Pulau Derawan.

“Saya sangat mendukung upaya yang dilakukanya, apa lagi sampai melibatkan murid-murid SD kami. Sebenarnya, kegiatan serupa juga rutin kami lakukan tiap hari jum’at ,dengan memugut sampah di wilayah perkampungan, bukan di pantai,” tutupnya.(ea)