SD Kebanjiran, DPU Langsung Galikan Drainase

 

GUNUNG TABUR – Gerak cepat dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Berau untuk menangani permasalah banjir yang menimpa SDN 001 Jalan Padat Karya, Kecamatan Gunung Tabur. DPU membuat saluran drainase sementara untuk melancarkan aliran air di kawasan tersebut agar tidak ada lagi luapan air ke dalam sekolah maupun ke badan jalan.

Lurah Gunung Tabur, Lutfi Hidayat mengatakan, dirinya memang meminta tolong kepada DPU untuk melakukan tindakan untuk mengatasi banjir yang terjadi di Jalan Padat Karya tersebut. Tak menunggu lama, DPU langsung mendatangkan alat berat untuk melakukan pengerukan.

"Saya survei beberapa kawasan saat banjir kemarin, yang terparah memang di Jalan Padat Karya ini dan saya langsung komunikasi dengan DPU dan langsung ada respon dari dinas tersebut," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (20/10/2016)

BACA JUGA : Hujan Lebat, Banjir Kembali Terjadi

Dikatakannya, penggalian drainase ini dirasa cukup besar, dalam dan panjang untuk mengatasi volume air yang mengalir saat hujan turun. Penggalian sendiri diarahkan ke Jalan Bulungan sebagai tempat perlintasan sebelum mengarah ke sungai.

"Kedalaman yang digali sekitar 1 meter dan lebar drainase juga sekitar 1 meter. Drainase digali mengarah ke Jalan Bulungan sebelum mengalir ke sungai besar," tambahnya.

Dengan kondisi ini, Lutfi berterima kasih atas tanggap cepat DPU membantu permasalahan yang ada. Diharapkan, kondisi ini tidak lagi terulang dan warga bisa membantu merawat drainase sementara yang ada agar tidak kembali tersumbat.

"Sekarang tinggal kita yang rawat, meski sementara, jika kita rawat akan sangat berguna jika fungsinya normal," pungkasnya.(Dedy Warseto)