Internet Galau, Alam Faktor Utama Penyebabnya

 

TANJUNG REDEB – Gangguan jaringan internet memang tak dapat diprediksi kapan dan wilayah mana yang akan mengalaminya. Pasalnya, gangguan pada jaringan internet kerap diakibatkan putusnya kabel optik di beberapa wilayah.

Putusnya kabel tersebut juga karena faktor alam maupun ketidaksengajaan pekerja proyek penggalian sehingga terkena kabel milik Telkom yang ditanam sedalam 1 meter dari permukaan tanah.

Pengawas Kabel Optik Telkom, Marthen Toban mengatakan, selama ini putusnya kabel optik sering diakibatkan dari longsoran tanah saat musim hujan, sehingga membuat kabel tertarik akibat gesekan tanah.

BACA JUGA : Jaringan Internet Galau

“Hampir 90 persen itu yang terjadi, kalau masalah longsor kita tidak dapat prediksi apa lagi saat musim hujan, ada saja beberapa titik yang longsor dan kabel kita putus,” ungkapnya kepada beraunews.com baru-baru ini.

Dikatakannya, beberapa cara sudah dilakukan untuk mengatasi agar kabel tidak putus, termasuk dengan cara digantung. Namun, cara tersebut juga mendapat kendala saat musim hujan disertai angin kencang, yang membuat pohon-pohon tua rebah dan mengenai kabel optik.

“Kalau kendala lain lagi di cross cek, tapi itu sebagian kecil dan juga masih ada oknum yang sengaja memutus, tapi secara keseluruhan alam faktor utama,” pungkasnya.(Dedy Warseto)