Hati-Hati Dengan Hujan Deras, Ini Akibatnya

 

SAMBALIUNG – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Berau, Senin (12/9/2016) malam hingga Selasa (13/9/2016) pagi ternyata mengakibatkan sejumlah pohon besar yang berada dibibir jalan Kampung Suaran menuju Kampung Mangkajang Kecamatan Sambaliung, tumbang hingga menutupi badan jalan. Akibatnya, jalur lalu lintas disana terputus hingga berjam-jam lamanya.

Proses evakuasi pohon yang tumbang juga mengalami sedikit kesulitan. Jauhnya lokasi kejadian dengan pemukiman warga serta kondisi pohon yag memiliki ranting yang cukup lebat membuat poses pembersihan dari badan jalan cukup lama. Bahkan, sejumlah supir kendaraan yang terjebak macet terlihat membantu warga dalam upaya pembersihan itu.

“Kita dapat info dari warga lainnya, katanya ada pohon tumbang. Ini sepertinya kena angin kencang tadi malam makanya tumbang. Sekarang kita bersihkan pohon ini, tapi alatnya hanya terbatas, sementara pohonnya besar, jadi agak sedikit lama. Untung sejumlah supir kendaraan yang terjebak di lokasi mau membantu membersikan, jadi lumayan sedikit terbantu,” ungkap Sutrisno warga sekitar kepada beraunews.com.

 

Bukan hanya aktivitas warga dan lalu lintas yang terhambat akibat pohon tumbang itu, tapi jaringan listrik juga terputus. Akibat dari putusnya jaringan listrik tersebut, aliran listrik ke Kampung Suaran dan beberapa kampung lainnya, dipastikan mengalami gangguan untuk sementara waktu.

“Semalam memang mati lampu kami kira ada pemadaman, ternyata jaringan listriknya putus terkena pohon. Tapi kita sudah hubungi PLN untuk segera diperbaiki,” ujarnya.

 

Bukan hanya mengakibatkan pohon tumbang dan jaringan listrik terputus, namun hujan deras yang mengguyur mengakibtakan tebing setinggi 10 meter di Keluarahan Rinding mengalami longsor, Geafry Necolsen salah seorang warga yang tingal tepat di depan tebing tersebut mengaku resah dan panik. Meski posisi tebing sekitar 6 meter dari rumah, namun hal tersebut membuatnya khawatir tebing akan terus longsor hingga menimpa rumahnya.

“Jaraknya cukup jauh, tapi kalau hujan terus menerus, tidak menutup kemungkinan longsoran tanah dengan batu batu besar yang berjatuhan bisa sampai ke rumah saya. Ini saja kalau malam anak dan istri saya sudah diungsikan ke kamar belakang, antisipsi itu,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)