Hujan 2 Jam Lebih, Banyak Wilayah Terendam Banjir

 

TANJUNG REDEB – Akibat hujan yang mengguyur Kabupaten Berau selama kurang lebih 2 jam, beberapa area kawasan dalam kota Tanjung Redeb digenangi air dengan kedalaman 20 centimeter hingga 1 meter.

Seperti pantauan beraunews.com di lapangan, kondisi banjir di badan jalan utama hingga gang-gang di Jalan H. Isa III, Merah Delima, Teuku Umar tergenang air dengan ketinggian mencapai 20 centimeter. Sedangkan di daerah Jalan Pulau Kakaban Gang Murjani I kedalaman air mencapai 1 meter.

Warga Jalan Kakaban, Muhammad mengatakan, banjir seperti yang dialami saat ini bukan kali pertama terjadi. Hampir setiap hujan yang turun hingga 1 jam lebih, air sudah mulai meluap ke badan jalan.

"Sudah biasa seperti ini, makanya kalau hujan sudah sampai 30 menit, siap-siap memang sudah," ungkapnya kepada beraunews.com, Sabtu (10/9/2016) malam.

 

Dikatakannya, air yang ada ini merupakan air kiriman dari Jalan Durian III yang melintas melalui Gang Ketapi dan melintas di Gang Murjani hingga ke Pulau Semama. Namun, kondisi drainase yang mungkin tersumbat membuat air meluap.

"Kan pembuangan terakhir di Jalan Pulau Sambit sana. Jadi air dari Durian III ini sebelum ke Pulau Sambit lewat di gang sini, tapi karena kondisi parit tersumbat makanya banjir," lanjutnya.

Beberapa warga yang rumahnya mulai terendam banjir biasanya terpaksa menumpang beberapa barang berharga di rumah warga yang rumahnya tinggi. Persiapan sendiri dilakukan saat melihat kondisi air yang mulai naik dan hujan tak kunjung reda.

"Pokoknya kalau sudah mulai naik air, sibuk kita angkat barang kita ke rumah tetangga. Apalagi kalau hujannya tidak berhenti," bebernya.

 

Bosan dengan kondisi seperti ini, pihaknya berharap ada solusi untuk mengatasi permasalah banjir ini.

"Tidak tahu paritnya yang tersumbat atau kurang besar, paling tidak ada lah nanti solusi untuk kita. Karena banjir seperti ini hampir setiap tahun terjadi," pungkasnya.(Dedy Warseto)